Sejarah Singkat Hari Pers Nasional

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com  –  Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) segera digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), 9 Februari 2022.

Pers Nasional mempunyai sejarah yang tidak pendek. Gagasan awal HPN muncul pada Kongres ke-16 Persatuan Wartawan Indonesia, Desember 1978, di Padang, Sumatra Barat.

Salah satu keputusan kongres waktu itu adalah mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan tanggal 9 Februari yang sekaligus tanggal lahir PWI sebagai HPN.

Sebelum ditetapkan resmi oleh pemerintah, HPN diperingati pertama kali pada 9 Februari 1981 bertepatan dengan ulang tahun PWI ke-35.

Peringatan tersebut dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bersamaan dengan Konferensi Kerja PWI tanggal 9-11 Februari 1981.

Selanjutnya, dalam sidang ke-21 Dewan Pers (berdiri 1968) di Bandung pada 19 Februari 1981, usulan penetapan tanggal 9 Februari sebagai HPN disetujui oleh Dewan Pers untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah.

Akhirnya, setelah tujuh tahun diusulkan, terbitlah Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985 yang menetapkan 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Peringatan HPN pertama kali secara resmi diselenggarakan di Gedung Utama Pekan Raya Jakarta, 9 Februari 1985. (Red/SAS)

No More Posts Available.

No more pages to load.