Warga Kedungrejo Ngumpak Dalem Padati Grebek Suro Alat Tradisional Paguyuban Seni Oklik

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka grebek suro dan pencucian kembali peralatan oklik setiap tahun, Keluarga Besar Munir yang merupakan empunya alat tersebut  selenggarakan tasyakuran di kediamannya, Dusun Kedungrejo RT 30/07 Desa Ngumpak Dalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Selasa 01/08/2023.

Paguyuban oklik yang diberi nama Langgeng Laras ini merupakan seni budaya yang selalu diuri uri oleh warga Dusun Kedungrejo.

Ratusan warga bahkan dari luar desa juga tampak memadati acara tersebut, berkah tersendiri pula bagi para pedagang di sekitar lokasi acara tersebut.

Munir (56) mengatakan jika tasyakuran grebek suro alat-alat seni oklik ini dilaksanakan setiap tahun sekali, sekaligus sebagai bentuk uri uri adat budaya jawa.

“Personil kami hanya 8 orang mas,  untuk biduan nya kami mengambail dari luar, sambil kami mencari  bibit-bibit biduan dan menjiwai seni budaya oklik ini, ” imbuhnya.

Kami berharap paguyuban seni oklik ini tetap eksis dan berlanjut di masa yang kan datang.

“Semoga bisa terselenggara setiap tahun di bulan suro, mohon doa’nya selalu agar kami bisa terus tumbuh kembangkan adat dan budaya ini, ” pungkasnya. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.