Sebanyak 309.884 KPM di Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Dapat Bantuan Pangan Nasional

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Guna meringankan beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat atau PKH, Pemerintah melalui Perum Bulog Bojonegoro telah melakukan pendistribusian Bantuan Pangan atau Bapan, berupa beras 10 Kilogram kepada 309.884 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di tiga Kabupaten yakni Bojonegoro,Tuban dan Lamongan. Jum’at (9/6/2023).

Sejauh ini, pendistribusian secara bertahap diberikan kepada penerima manfaat. Pendistribusian bantuan pangan tersebut sudah dilaksanakan pada bulan April seminggu sebelum lebaran, dan ditarget rampung pada Juni 2023.

Sedangkan mekanisme penyaluran dilakukan oleh PT Pos yang memiliki cakupan wilayah luas dan sistem yang terintegrasi, sehingga penyaluran bantuan dapat tepat waktu dan tepat sasaran.

Pimpinan Cabang Bulog (Pimcab) Bojonegoro, Sugeng Hardono mengatakan. Di Cabang Bulog Bojonegoro pihaknya telah menyalurkan untuk 3 alokasi bantuan pangan dengan total pagu 9.300 Ton, untuk masing masing pengalokasian tiap bulan sekitar 3.100 Ton.

“ Kita Sudah Menyalurkan untuk 3 alokasi bantuan pangan total pagu 9.300 Ton, untuk masing masing bulan sekitar 3.100 Ton,” Ungkap Sugeng.

Melalui progam ini diharapkan dapat menekan lonjakan inflasi yang salah satunya disebabkan oleh kenaikan harga beras. Pemenuhan stok yang digunakan untuk penyaluran Bantuan Pangan CBP, menggunakan hasil beras pengadaan dari wilayah Cabang Bojonegoro.

Sugeng menambahkan, Cabang Bulog Bojonegoro mendapatkan penugasan menyalurkan bantuan pangan beras CBP dari Bapan Pangan Nasional kepada 309.884 KPM di wilayah kerja meliputi Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.

Dengan demikian beras yang akan disalurkan oleh Kancab Bojonegoro sebanyak 3.098.840 Kg per alokasi atau 9.296.520 Kg untuk tiga alokasi. Per tanggal 5 Juni 2023 Bantuan Pangan Beras CBP yang sudah tersalurkan sebanyak 8.330.360 kg atau 89,60% dari total penyaluran tiga alokasi.

” Bantuan Pangan Beras CBP ini diberikan sebanyak tiga bulan alokasi, yakni alokasi Maret, April dan Mei. Masing-masing KPM memperoleh beras sejumlah 10 kg per alokasi dengan kualitas beras medium,” jelasnya.

Sejauh ini, Dari awal tahun 2023 hingga saat ini Perum BULOG Kancab Bojonegoro telah menyerap gabah dan beras petani kurang lebih 12.930 ton setara beras baik untuk kebutuhan PSO maupun Komersial.

Khusus untuk penyerapan gabah petani, Kancab Bojonegoro telah memiliki fasilitas unit penggilingan modern atau Modern Rice Milling Plant (MRMP) yang terletak di Desa Kunci, Kecamatan Dander, Bojonegoro. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.