Kuota Haji 1.486 Jemaah, Kemenag Bojonegoro Minta Segera Lakukan Pelunasan Biaya

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Pemberangkatan Haji ada tahun ini dijadwalkan pada tanggal 23 Mei 2023 mendatang. Sementara kuota haji yang diterima Kabupaten Bojonegoro tahun ini sebanyak 1.486 jemaah haji dan sudah disiapkan secara matang keberangkatannya oleh Kementerian Agama Bojonegoro. Kantor Kemenag Bojonegoro meminta para jemaah agar segera melakukan pelunasan biaya dengan batas maksimal sampai dengan tanggal 1 Mei 2023.

Kuota haji Kabupaten Bojonegoro tahun ini sebanyak 1.486 jemaah, naik dua kali lipat di bandingkan tahun sebelumnya. Naiknya kuota haji setelah tidak ada pembatasan seperti sebelumnya, atau ibadah haji normal kembali setelah pandemi.

Tahun 2023 ini Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) setiap jemaah di kenakan sebesar Rp.55,9 juta rupiah sehingga pelunasan harus membayar Rp. 30,9 juta terlebih yang Rp. 25 juta  juta sudah dibayarkan ketika pendaftaran, sedangkan batas akhir pelunasan BPIH tahun ini maksimal pada tanggal 5 Mei 2023, meski demikian kantor Kemenag Kabupaten Bojonegori meminta pelunasan sebelum tanggal 1 Mei sehingga nantinya dapat segera di verifikasi dan melengkapi pemberkasan.

Kasi Penyelenggara Haji dan Murah Bojonegoro M. Abdulloh Hafidz ketika di wawancara awak media Kamis 13/04/2023 mengatakan estimasi sementara 1.486 jemaah siap berangkat tetapi dari jumlah tersebut belum di ketahui yang sudah melunasi dan di mungkinkan ada juga yang sudah mengundurkan diri karena usia, sehingga dipakai jalan sudah tidak sanggup, ada juga karena sakit serta tidak punya biaya untuk melunasi.

“Kalau bisa segera dilunasi, sementara itu bagi yang tidak dapat melunasi secara otomatis tidak bisa berangkat ataupun jika ada jamaah yang meninggal dunia sedangkan biaya haji lunas, bisa digantikan oleh ahli waris yang bersangkutan”, pungkasnya. (Red/Put)

No More Posts Available.

No more pages to load.