Tingkatkan Toleransi Umat Beragama dengan Buka Bersama

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Umat Klengteng Hok Swie Bio di Kelurahan Karangpacar Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro rutin menggelar buka puasa bersama dengan umat muslim di bulan Ramadhan.

Dari pantauan SuaraBojonegoro.com, ratusan paket makanan siap saji disediakan oleh panitia, Jumat (25/5/2018).

“Bagi umat Islam kami persilahkan datang untuk berbuka bersama di kelenteng disetiap hari Jumat” kata Wakil Ketua TITD Hok Swie Bio (TITD), Hatianto.

Menurutnya, buka puasa bersama tersebut tidak diedarkan undangan. Namun bagi umat Islam yang ingin berbuka puasa bersama, pihaknya menyediakan takjil dan juga makanan lengkap dari jemaah di klenteng setempat.

“Selama puasa ini, kami akan rutin menggelar buka puasa bersama dan ini sudah berjalan kurang lebih 10 tahun yang lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TITD Hok Swie Bio, Tan Jien Hwat menuturkan, kegiatan buka bersama di bulan suci Ramadhan ini sengaja diselenggarakan untuk memupuk toleransi antar umat beragama khususnya di wilayah Dusun Karangpacar Kecamatan Bojonegoro.

“Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim khususnya Kabupaten Bojonegoro, semoga di bulan yang baik ini kita semua diberi keberkahan, murah rejeki dan rasa persaudaraan antar umat beragama,” ucapnya.

Buka bersama rutin setiap hari Jumat ini disambut baik oleh umat muslim disekitar tempat ibadah umat Kong Hu Cu ini. Nampak sejak Pukul 17.00 WIB, umat muslim baik laki-laki maupun wanita sudah mulai berdatangan.

Untuk menuggu bedug magrib mereka memanfaatkan waktu untuk mengobrol dengan umat Tiong Hoa. Tidak hanya itu saja, para umat muslim ini juga ada yang memanfaatkan untuk berfoto dengan begron tempat ibadah Kong Hu Cu.

“Semoga kegiatan yang baik ini dapat selalu diselenggarakan, soalnya hanya dikegiatan buka bersama ini saya bisa mengobrol dengan umat Tiong Hua,” imbuh Iffa salah satu warga Banjarjo. (bim/yud)

Reporter : Bima Rahmat

Editor : Wahyudi