Desa Kepohkidul Gelar Sedekah Bumi dan Juga Pelestarian Adat Serta Budaya

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya jawa, Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, sedekah bumi. Yangmana sedekah bumi memiliki makna sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu sedekah bumi diharapkan menjadi sarana silaturahmi antar warga dan aparatur perangkat desa. Senin (12/08/24).

Kepala Desa Kepohkidul, Samudi, menjelaskan bahwa sedekah bumi yang diselenggarakan setahun sekali ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kelancaran rejeki, hasil panen yang berlimpah serta mempererat tali persaudaraan antar warga.

“Yang terpenting adalah bentuk pelestarian tradisi dan budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu dan juga nilai–nilai budaya bangsa,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Samudi, mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh jajaran aparatur perangkat desa Kepohkidul, terutama masyarakat yang sangat antusias meramaikan adat dan budaya.

“Dengan semangat gotong royong dari warga desa Kepohkidul, kegiatan sedekah bumi ini dapat terselenggara dengan meriah,” pungkasnya.

Dalam perayaan acara sedekah bumi ini, Desa Kepohkidul, menggelar pagelaran seni budaya tradisional karawitan dan langen tayub dengan dihadiri masyarakat baik dalam maupun luar desa setempat. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.