Mahasiswa KKN TK 01 Unigoro Sosialisasikan Program Pekarangan Pangan Lestari dan Buat Pupuk Cair di Sendangharjo

oleh -
oleh

Oleh: Bella Fernanda

SuaraBojonegoro.com – Upaya Pekarangan Pangan Lestari dan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem ini dilakukan oleh para mahasiswa KKN, yang Bertempat di Balai desa Sendangharjo, kecamatan Ngasem, dalam kegiatannya Mahasiswa KKN-TK 01 Unigoro melaksanakan Sosialisasi Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jum’at (2/8/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Bapak Yuskarianto selaku Kepala Desa Sendangharjo, Ibu Sulis selaku Ketua PKK bersama Ibu-ibu anggota PKK Desa Sendangharjo. Melalui program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan pembuatan pupuk organik cair ini tidak hanya bertujuan untuk memanfaatkan pekarangan rumah secara optimal, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas tanah dan hasil pertanian secara ekologis.

Pemateri Aji Sugiarto menjelakan bahwa P2L dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan ,aksebilitas dan pemanfaatan pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga dan mendukung program pemerintah penanganan penurunan stunting.

Terdapat 2 jenis POC (Pupuk Organik Cair) yang dibuat dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, seperti sisa air cucian beras, Msg, Telur, EM4(Effective Microorganism) dan kotoran hewan.

“Proses pembuatan pupuk ini melibatkan fermentasi bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan pupuk yang kaya akan nutrisi, yang kemudian digunakan meningkatkan kesuburan tanah di pekarangan,” terangnya.

Penerapan pupuk organik cair ini tidak hanya memperbaiki kualitas tanah tetapi juga mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia, yang berpotensi merusak lingkungan. Hasilnya, warga Desa Sendangharjo bisa merasakan manfaat dari tanaman yang lebih subur dan produktif. Sosialisasi di akhiri dengan pembagian 1000 bibit sayuran dan polybag. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.