Bus Mudik Gratis Mulai Berdatangan di Terminal Rajekwesi Bojonegoro

oleh -
oleh

Reporter : Sasmito

SuaraBojonegoro.com – Program Mudik Gratis sangat diminati masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman, hal tersebut tampak kedatangan Bus program mudik gratis yang menurunkan banyak penumpang diterminal Rajekwesi Bojonegoro, pandangan ini sangat berbeda dengan Bus Penumpang umum yang beberapa kali menurunkan penumpang di dalam Terminal Rajekwesi yang sepi penumpang. Sabtu (5/4/2024).

Para penumpang yang turun dari Bus mudik gratis ini mendapatkan pengawasan dan pengawaln dari petugas Dinas Perhubungan, rata rata mereka datang dari wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya.

“Saya naik bus mudik gratis dari Surabaya,” ujar Erena salah satu warga kecamatan Ngasem yang ikut program Mudik Gratis.

Sebelumnya, Adhy Karyono selaku Penjabat Gubernur Jatim menyatakan, bahwa Mudik Bareng Gratis merupakan program rutin yang diadakan Pemprov Jatim mulai kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa, dengan tujuan untuk meringankan masyarakat, dan mengurangi pemudik dengan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor yang rawan kecelakaan.

“Ini bagian dari kewajiban pemerintah kepada masyarakat. Jawa Timur masuk tujuan pemudik paling tinggi tahun ini. 31,2 juta pemudik itu tercatat yang paling tinggi selama ini. Kami ingin membantu meringankan, kalau memggunakan kendaraan pribadi khususnya roda dua, tentu menambah kemacetan dan tinggi potensi kecelakaan. Dari tahun ke tahun, program ini direspons sangat baik,” ujarnya.

Program mudik gratis ini juga pemprov Jatim juga memfasilitasi masyarakat yang mudik ke pulau-pulau di Jawa Timur seperti Bawean, Madura, dan Kangean dengan kapal laut.

Selain mudik, Pemprov Jatim juga memfasilitasi masyarakat yang akan kembali ke Jakarta sesudah liburan di berbagai wilayah Jawa Timur.

Sebanyak 20 unit bus disiapkan Pemprov Jatim di lima kabupaten, yaitu Sumenep, Jember, Tulungagung, Jombang dan Madiun, Bojonegoro dan lainnya, dan Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, ada lima provinsi tujuan pemudik yang paling banyak pada momen Lebaran Idul fitri tahun ini. (Sas*)

No More Posts Available.

No more pages to load.