UKM Multimedia IKIP PGRI Bojonegoro Tahun 2023 Gelar Kegiatan Produktif Mahasiswa PPK ORMAWA

oleh -
oleh

 

SuaraBojonegoro.com – Dengan Mengusung tema peningkatan peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan konektivitas dengan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) rumahan, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Multimedia IKIP PGRI Bojonegoro melaksanakan PPK ORMAWA dengan penuh semangat. Sebagai salah satu pelaksana PPK ORMAWA Kemendikbud Ristek tahun 2023, tim UKM Multimedia menggagas peningkatan peran BUMDes sebagai rumah usaha bagi UMKM atau home industry.

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu desa yang telah menjadi mitra IKIP PGRI Bojonegoro. Menempuh perjalanan yang tidak jauh dari kampus, tim PPK dengan tekun menuju Desa Pacul, Kecamatan Kota Bojonegoro untuk melaksanakan kegiatan yang diawali dengan sosialisasi program kepada masyarakat sasaran yang terdiri dari 30 pelaku UMKM rumahan serta pihak peemrintah desa.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan antara lain pelatihan usaha mikro, pendampingan konektivitas UMKM dan juga pengembangan Marketplace desa sebagai sarana pemasaran produk UMKM Desa. Market place yang pada awalnya berbasis website di migrasi ke basis android untuk kemudahan akses.

Wagimin selaku kepala desa mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah mengkontribusikan pemikirannya dalam membantu masyarakat desa mengembangkan usahanya.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini akan ada keberlanjutan program, agar kedepannya mampu meningkatkan kebermanfaatannya bagi masyarakat sasaran,” Ujar Wagimin, Jum’at (28/9/2013).

M. Zainudin selaku dosen pembimbing menyampaikan bahwa, sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi, baik dosen maupun mahasiswa memiliki kewajiban untuk melaksanakan pengabdian di masyarakat dan sebagai wujud pengejawantahan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemendikbud.

“Terlebih dengan program PPK ORMAWA, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar diluar kampus, berkontribusi dalam memberikan solusi atas permasalahan atau fenomena yang ada di masyarakat, harapannya ketika lulus nanti mereka telah matang dan siap terjun di masyarakat,” terangnya.

Ahmad Danny selaku ketua tim pelaksana menuturkan, betapa kegiatan ini sangat memberikan manfaat bagi tim PPK utamanya dan keseluruhan fungsionaris ORMAWA pada umumnya. Melalui kegiatan ini, para mahasiswa lebih mampu melihat permasalahan, gejala social kemasyarakatan yang sangat perlu disentuh dan dicarikan solusi pemecahannya.

Dikatakan juga, bahwa Tim berkomitmen akan terus melanjutkan program ini dengan menyelaraskan Renop UKM agar selaras dan dapat mengawal keberlanjutan program ini di tahun depan. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.