Unigoro Festival Tari Tradisional 2023: Mari Lestarikan Budaya Jawa

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Divisi Tari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kesenian menyelenggarakan kegiatan Unigoro Festival Tari Tradisional (UFESTATRA) Tahun 2023 di Hall Suyitno Unigoro. Festival tersebut diikuti oleh Siswa Siswi SMA/SMK/MA sederajat se-bakorwil Bojonegoro. Seni tari menjadi warisan wadah bagi para anak muda untuk menyalurkan bakat dan minat sekaligus mengajak generasi muda untuk mencintai dan melesetarikan budaya jawa yang sudah melekat menjadi bagian dari jati diri dan ikon kebudayaan di Kabupaten Bojonegoro. Kamis (24/8/2023).

Unigoro Festival Tari Tradisional (UFESTATRA) yang diselenggarakan tahun 2023 merupakan festival tari perdana yang diselenggarakan oleh Devisi Tari UKM Kesenian UNIGORO. Acara ini digelar sebagai bentuk memeriahkan Diesnatalis Universitas Bojonegoro yang ke-43 tahun. Festival tari ini diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2023, dan diikuti 14 tim tari, pada setiap tim terdiri dari 3-5 orang, sehingga total keseluruhan peserta adalah 64 orang.

Laily Agustina Rahmawati selaku pembina UKM Kesenian, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang menjadi wadah generasi muda untuk melestraikan budaya melalui tari tradisional. Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen Universitas Bojonegoro dalam mendukung keberlanjutan tari tradisional.

“Langkah ini sebagai ajang menyalurkan minat dan bakat generasi muda, khususnya tingkat SMA/SMK/MA sederajat. Kenapa kami memilih tema tari tradisional, karena pengaruh teknologi saat ini membuka peluang berbagai kebudayaan dari seluruh belahan dunia masuk dengan bebas tanpa batasan waktu. Sasaran kami anak-anak SMA/SMK/MA karena mereka adalah generasi penerus yang melanjutkan estafet untuk menjaga warisan budaya. Jika tidak ada event seperti ini, khawatirnya di masa yang akan datang generasi muda tidak akan mengenal lagi tari tradisional, dan cenderung lebih menyukai budaya lain (Red: K-POP)” Ucap Laily.

Kesenian tari tradisional bagi UNIGORO merupakan salah satu kegiatan yang menyumbang banyak prestasi, salah satunya Juara 1 Lomba Tari Tradisional tingkat nasional dalam Event “Peace 2023” yang diselenggarakan oleh Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya. Dari torehan prestasi tersebut Divisi tari mulai bergerak dalam menumbuhkan motivasi bagi para adik-adik SMA/SMK/MA se-Bakorwil Bojonegoro.

“Harapannya tentunya unigoro dapat dikenal lebih luas lagi, begitupun dengan UKM kesenian unigoro. Agar mereka juga bisa memperoleh pandangan kalau masuk ke Unigoro ternyata ada loh UKM kesenian bagi mereka yg menyukai atau tertarik dibidang seni dan dapat menambah ilmu mengenai dunia tari untuk peserta dan panitia” Ujar Fida selaku Ketua Pelaksana UFESTATRA
Adapun hasil perlombaan tersebut dimenangkan oleh Juara 1: Jemparing ganeca (SMAN 1 Bojonegoro); Juara 2: Satria Mudha Budhaya (SMAN 4 Bojonegoro); Juara 3: Deepavali (SMAN MT Bojonegoro); Juara Harapan: Larasati Smada (SMAN 2 Bojonegoro); Best Kostum dan Make Up: Sigrak Kumlawe (SMAN 1 Ngraho). (Red/Esa)

No More Posts Available.

No more pages to load.