Bersama PKK Gedungarum, Mahasiswa KKN T Unigoro kelompok 16 Ajak Manfaatkan Pekarangan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kelompok KKN-T 14 Universitas Bojonegoro menguatkan ketahanan pangan keluarga melalui dukungan Ibu-ibu PKK Desa Gedongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan itu mengenalkan pemanfaatan pekarangan rumah melalui penanaman aneka ragam tanaman pangan lewat program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Giat itu pada hari Sabtu (05/08/2023) pagi sampai siang. Kegiatan itu dilaksanakan di Balai Desa Gedongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro.

Acara keren itu dihadiri oleh Gunawan, S.P, selaku Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) Desa Gedongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, sekaligus Pemantik dalam seminar dan pelatihan pembuatan Eco Enzime dan media tanam.

Antusiasme peserta sangat tinggi dalam mengikuti seminar dan pelatihan tersebut dibuktikan dengan hadirnya kurang lebih sekitar 30 peserta, dari ibu-ibu PKK Desa Gedongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro.

Rama Koyim ketua KKN-T 14 Unigoro Desa Gedongarum memberikan sambutan dan menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan itu adalah agar ibu rumah tangga dapat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam aneka ragam tanaman pangan. Sehingga ibu rumah tangga dapat menghasilkan tanaman pangan sendiri, dan terwujudnya ketahanan pangan keluarga.

Baca Juga  Di Buka Bersama, Kapolres Bojonegoro Himbau Agar Tidak Melanggar Hukum
Dirinya juga menjelaskan, dengan adanya kegiatan tersebut dapat memicu ibu-ibu rumah tangga untuk membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) agar terorganisasi secara baik dan ada pelatihan-pelatihan lanjutan setelah kegiatan.

Sementara itu Gunawan, pemantik memberikan penjelasan bahwa ibu rumah tangga juga dapat memanfaatkan limbah dapur dan buah-buahan sebagai pupuk cair yaitu eco enzyme. Karena selain mudah dibuat eco enzyme juga dapat digunakan sebagai pupuk cair yang memiliki manfaat bagi tanaman khususnya saat fase vegetative dan meningkatkan mikroorganisme dalam tanah.

Gunawan juga menjelaskan, selain itu eco enzyme dapat digunakan sebagai campuran pembersih prabotan rumah tangga, menghilangkan pestisida dan bahan logam yang terdapat disayuran dengan cara direndam, membersihkan minyak dan lemak membandel, pembersih kerak dan lain lain.

Baca Juga  Polres Tuban Berhasil Ungkap TPPO, Lima Tersangka Mucikari Diamankan
Setelah penjelasan yang panjang, Gunawan mengajak ibu-ibu PKK untuk praktik membuat media tanam yaitu Bokasi dan eco enzyme, yang dibantu oleh mahasiswa KKN-T Universitas Bojoegoro.

Bukan hanya itu mahasiswa KKN-T juga telah mengajukan proposal ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro terkait permohonan bibit tanaman pangan seperti cabe, tomat, terong, kol, dan papaya yang sudah di setujui oleh dinas dan dalam proses pendistribusian.

Dengan respon yang baik oleh ibu-ibu PKK Desa Gedongarum ini. Mahasiswa KKN-T Universitas Bojonegoro berharap setelah kegiatan ini semoga program-program yang di tinggalkan dapat berjalan dengan lancer dan berkelanjutan, khususnya terkait ketahanan pangan masyarakat Desa Gedongarum. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.