Langen Tayub Semarakkan Sedekah Bumi Desa Ngumpak Dalem Kecamatan Dander 

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Usai melakukan panen raya, Warga Dusun Kedungrejo, Desa Ngumpak Dalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro mengadakan tradisi sedekah bumi, Jumat (21/07/2023).

Acara sedekah bumi yang berlokasi di Ringin (nama tempat dimana dulu bekas pasar lama) Dusun Kedungrejo RT 43/07 yang telah turun temurun tersebut, diselenggarakan rutin satu tahun sekali pada Jumat Pon, dengan rangkaian acara, tasyakuran dan dilanjut dengan Gebyar Seni Langen Tayub.

Lasdi (53) Warga Dusun Kedungrejo RT 43/09, ia mengatakan, tradisi ini sudah menjadi rutinan setiap tahun habis panen raya, dan penyelenggaraannya dari tahun ketahun di tempat ini.

“Sedekah bumi ini sudah menjadi tradisi turun temurun dengan rangkaian acara tasyakuran dan gebyar seni langen tayub,” ujar lasdi.

Terpisah warga yang lain, dari cerita turun temurun mengatakan adanya langen tayub dalam acara sedekah bumi ini selalu diadakan, karena bila ditiadakan bisa jadi kelak nanti hasil panen akan kurang baik atau gagal panen. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.