Mahasiswa PMM UMM Berikan Edukasi Digital Marketing Guna Tingkatkan Penghasilan Pada UMKM Bojonegoro

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malangg (UMM) Gelombang 7 Kelompok 81, yang dibimbing oleh Luqman Dzul Hilmi, S.E., M.BA  yang melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM),  melaksanakan kegiatan PMM di Kabupaten Bojonegoro yaitu memberikan edukasi tentang digital marketing kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna meningkatkan penghasilan melalui penjualan online.

Disampaikan oleh Asmaul Kollifah salah anggota dari kelompok 81,
Tedapat 3 UMKM yaitu Warung tepi sawah selaku pemilik  usaha gorengan, Warung Pojok selaku pemilik usaha miniman kopi, serta Es Tebu Segar selaku pemilik usaha minuman es tebu  dan diberikan pelatihan tentang bagaimana penggunaan social media sebagai media promosi yang menarik.

Hal ini dilakukan oleh Para Mahasiswa UMM dalam kegiatannya dikarenakan diantara ketiganya masih belum memanfaatkan social media sebagai sarana penjualan online, tidak hanya memberikan edukasi tentang digital marketing akan tetapi serta ikut membantu untuk memberikan logo dan banner sebagai identitas UMKM tersebut.

Asmaul Kollifah juga menjelaskan bahwa tujuan dari adanya kegiatan mengedukasi tentang digital marketing untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan cara menggunakan teknologi digital dalam rangka memasarkan produknya dalam rangka meningkatkan penjualan.

“Dan juga dapat dikenal dan dijangkau masyarakat luas. Dan juga menjadi Inovasi dan Motivasi bagi Usaha berskala Kecil dan Menengah yang ada di Bojonegoro. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan sektor perekonomian masyarakat setempat,” Bebernya, Rabu (7/9/2022).

Dengan memanfaatkan media social para pelaku UMKM dapat memberikan informasi kepada konsumen dengan lebih mudah, sebagai alat dalam berkomunikasi serta dapat meningkatkan brand awareness konsumen.

Disampaikan juga terkait Pelaksanaan PMM kelompok 81 atau tim Conus Project 81 ini tidak hanya berada di bojonegoro (Jawa Timur) melainkan ada dibeberapa tempat yaitu di Sangatta (Kalimantan Timur), Palu ( Sulawesi Tengah, Sampi dan Buntok (Kalimantan Tengah), “kegiatan PMM ini dilaksanakan dari tanggal 22 Agustus dan mendaptkan antusiasme para pelaku UMKM,” jelas Asmaul Kholifah.

Serangkaian kegiatan ini dilakukan sendiri oleh tim Conus Project 81 mulai dari edukasi kepada pemilik UMKM sampai dari pembuatan design logo dan banner.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM)  ini adalah untuk menngaplikasikan Hilirisasi Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). PMM UMM Gelombang 7 Kelompok 81 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Jurusan Manajemen. (Red/SAS)

No More Posts Available.

No more pages to load.