Ada Larangan Beli BBM Pakai Jerigen, Ini Cara Pedagang Eceran Agar Tetap Bisa Berjualan

oleh -
oleh
*)Foto: Salah satu kios BBM yang mangkrak setelah kesulitan membeli dari SPBU Dengan Jerigen

Reporter: Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Adanya larangan membeli BBM (Bahan Bakar Minyak) di SPBU (Stasiun Bahan Bakar Umum) dengan menggunakan Jerigen, Para pedagang eceran tak kehilangan cara, agar tetap bisa menyambung hidup dengan cara berjualan BBM jenis Pertalite dan Pertamax secara eceran dikios mereka.

Dulunya para pengecer ini membeli BBM dari SPBU dengan menggunakan jerigen namun dalam satu dua bulan terakhir aturan mengenai pelarangan tersebut kian diperketat. Bahkan tak sedikit warga yang hendak beli dengan jerigen tidak dilayani oleh Operator SPBU.

Media Siber SuaraBojonegoro.com ketika melakukan penelusuran di beberapa pengecer BBM di kawasan Kota Bojonegoro yang kebetulan sedang memasukkan BBM mereka menggunakan cara membeli BBM di SPBU di Bojonegoro dengan menggunakan kendaraan sepeda motor mereka, lalu kemudian dipindah kedalam motor air mineral yang sengaja disiapkan untuk kemudian dijual.

“Kita kulakan BBM dengan menggunakan sepeda motor. Dan kita mengisi penuh tangki BBM sepeda motor yang kemudian kita pindah ke botol untuk dijual dikios,” Ujar salah satu penjual BBM eceran di kios dengan botol ini, Jum’at (14/8/2022).

Karena cara ini yang bisa mereka lakukan untuk bisa berdagang bensin eceran melalui botol sehingga mereka bisa berdagang untuk mendapatkan rejeki. “Ya saya pakai motor saya sendiri kalo kulakan,” tambah pria pedagang bensin eceran sambil menunjuk sepeda motornya.

Motor bebeknya punya mampu menampung sekitar 3,7 liter BBM. Sesampai di rumah atau warungnya, ia membuka selang yang ada di mesin motor. Selang kemudian dimasukkan ke mulut botol BBM.

Cara itu ia lakukan karena hasil dari berjualan BBM eceran merupakan pendapatan pokoknya. Karenanya ia tak bisa sepenuhnya meninggalkan penjualan tersebut karena juga sudah menjadi pekerjaanya sejak lama.

Para pedagang eceran tersebut berharap adanya kebijakan pemerintah agar mereka bisa kulakan BBM untuk dijual sebagai lahan pekerjaan mereka. “Kami hanya jual BBM eceran dengan botol, bukan kelas jerigen atau skala besar, sehingga ada kebijakan yang baik dari pemerintah untuk kami para pedagang,” Jelasnya.

Tidak sedikit juga para pedagang eceran BBM yang dulunya masih bis menjual BBM dengan Botol secara eceran, namun saat ini sudah gulung tikar karena sudah tidak bisa membeli di SPBU dengan Jerigen.  (Red/SAS)

No More Posts Available.

No more pages to load.