Bojonegoro Dinilai Berpotensi Jadi Kawasan Wisata Fotografi

oleh -
oleh

Reporter: Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Setelah menggelar pameran foto di Bale Parawangsa, tiga fotografer yang menjadi pelakunya berharap ada outcame dari kegiatan mereka. “Ada sejumlah masukan yang ternyata idenya sama dengan kami. Yakni menjadikan fotografi sebagai daya tarik,” kata Wahyu Budiyanto, salah satu dari mereka.

Hal itu didasarkan pada betapa khasnya wilayah Bojonegoro yang hingga kini masih terus menjadi potensi. “Salah satunya adalah Bojonegoro sebagai kawasan kunjungan fotografer. Dimana Bojonegoro punya sejumlah ikon landmark dan budaya yang unik,” jelasnya.

Menurutnya, hingga saat ini Bojonegoro sering didatangi fotografer dari berbagai kota. Mereka sengaja datang untuk mengabadikan landscape ataupun peristiwa-peristiwa budaya di Bojonegoro. “Datang secara mandiri untuk hunting, kami sering dihubungi untuk menjadi guide. Seandainya ada agenda rutin yang jelas pelaksanaannya, maka itu bisa jadi wadah yang memudahkan dan berdampak,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kawan Giri Santoso, fotografer senior yang juga memajang karyanya dalam pameran itu. Ia juga berpendapat agar ada fasilitasi untuk pengunjung dari kalangan pelaku fotografi dari luar yang datang. “Awal bulan ini saya juga sempat jadi guide dari tim fotografer yang sedang berburu foto tematik dari kementrian,” jelasnya.

Lebih spesifik lagi diutarakan oleh Tulus Yudha Maundri, fotografer lainnya, yang mencetuskan gagasannya dalam bentuk event rutin fotografi di wilayah Bojonegoro. “Mungkin semacam foto trip, foto camp, atau apalah namanya. Yang jelas bisa jadi wisata fotografi. Bisa kawasan hutan ataupun kegiatan tradisional,” katanya.

Menurutnya, wisatawan berlatar fotografi mempunyai sejumlah kekhususan. “Tentu tujuannya adalah memotret dan mereka akan menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk memotret. Kalau pergerakkan ekonominya jelas ada, selain itu akan membuat panorama Bojonegoro menjadi lebih populer,” pungkasnya. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.