Bangkitkan Semangat Bagi Santri, Remas Agung Darussalam Selenggarakan Lomba Pildacil

oleh -
oleh

Reporter: Ciprut Laila

SuaraBojonegoro.com – Pringati Maulid Nabi Muhammad SAW dan hari santri yang jatuh berdekatan, remaja masjid (Remas) Agung Darussalam kabupaten Bojonegoro selenggarakan lomba pilihan dai Cilik (Pildacil) yang terdiri dari lomba berdakwah dan adzan.

Acara lomba tersebut dibuka pada hari ini Senin, (04/10/2021) dan akan berlangsung selama seminggu kedepan yaitu 12/10/2021. Sementara puncak acara akan diadakan 20/10/2021 mendatang.

Menurut Imam Chudhori selaku ketua panitia lomba mengungkapkan akibat dari pandemi, sehingga dua tahun terakhir pendidikan agama bagi santri maupun guru madrasah sedikit fakum. Karena itu, pihaknya berinisiatif untuk membuat acara yang bisa membangkitkan kembali semangat untuk belajar mengaji dan sekolah.

“Lomba pildacil ini baru pertama kali, tahun sebelum-sebelumnya kita selenggarakan lomba tartil, biar berbeda jadi kita pilih lomba da’i dan adzan, “ungkapnya.

Meskipun baru sekali diadakan, banyak anak yang antusias untuk mengikuti lomba tersebut. Terbukti dari target 100 peserta yang disiapkan ada sebanyak 92 anak se kabupaten Bojonegoro yang lolos seleksi untuk mengikuti lomba.

“Yang boleh mengikuti maksimal berusia 12 tahun, jadi tingkatan PPA, TK, SD/MI boleh mengikuti, “jelasnya.

Sedangkan teknis pelaksanaanya, untuk tahap audisi peserta mendatangi ruang yang sudah disiapkan Remas Agung Darussaalam kemudian melakukan perform yang disiarkan langsung melalui live streaming YouTube dan radio. Akan ada sepuluh peserta yang perform setiap harinya, terdiri dari 5 peserta lomba dakwah dan 5 lainya lomba adzan.

“Ada 4 juri dari anggota Remas yang menilai, dua sampai tigga juri menilai langsung disini dan satu lagi memantau kualitas streaming dari rumah. Kriteria penilaian meliputi tema yang diangkat, “tuturnya.

Sementara itu, final akan dilaksanakan pada tanggal 19/10/2021 kemudian 5 besar peserta dakwa yang terpilih dan 5 besar peserta adzan akan tampil di puncak acara pada tanggal 20/09/2021 untuk merebutkan kejuaraan.

“5 peserta dakwah akan tampil di live audien pada saat pre acara peringatan maulid nabi, pengajian dan wisuda untuk santri dari Darusalam mengaji,” “tuturnya.

Imam Chudhori menyebutkan bahwa puncak acara akan dilaksanakan lebih meriah di halaman masjid Agung Darussalam, pihaknya juga sudah meminta izin untuk menyelenggarakan acara tersebut dengan membatasi audiens sebanyak 150 orang dan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Karena kondisi sudah sedikit aman dan jama’ah sholat jum’at pun juga sudah diperbolehkan dan sudah tidak ada pembatasan shof, “jelasnya.

Sementara 5 peserta masing-masing dari lomba adzan dan dakwah akan merebutkan juara 1,2 dan 3 serta juatra harapan 1 dan 2 juga juara favorit. Dengan jumlah hadiah yang akan diterima adalah uang pembinaan, trophy, sertifikat serta produk dari sponsor. (Prut/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.