BPBD Tuban Siapkan Antisipasi Bencana Banjir Sungai Bengawan Solo

oleh -97 views

Reporter : Ahmad Fauzi

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka mengantisipasi menjelang datangnya musim bencana yang diperkirakan di kabupaten Tuban, sejak dini sudah Di siapakn oleh Badana penanggulangan bencana daerah ( BPBD) Kabupaten Tuban.

Taufik selaku kasi kedaruratan bencana BPBD kabupaten Tuban menyampaikan kepada wartawan suarabojonegoro.com, saat di temui di kantor BPBD kabupaten Tuban pos Rengel menyebutkan Bahwasanya potensi bencana di kabupaten Tuban yaitu banjir Sungai Bengawan Solo yang di setiap musim penghujan pasti terjadi banjir akibat luapan sungai Bengawan Solo.

“Untuk potensi bencana Banjir luapan Sungai Bengawan Solo ada di 4 Kecamatan yaitu Soko, Rengel, Plumpang dan Widang,” Tutur Taufik, Jum’at (03/01/2020).

Ia juga menambahkan bahwasanya pihak BPBD kabupaten Tuban juga menyiapkan peralatan diantaranya perahu karet, tenda pengungsian, truk evakuasi dan lainnya yang diperlukan saat tindakan pada Banjir.

Selain mengantisipasi musibah bencana alam seperti kebanjiran pihak BPBD kabupaten Tuban juga menyiapkan Personil khusus apabila terjadi adanya pohon tumbang dan evakuasi hewan liar seperti ular dan Lebah Vesapa atau tawon ndas.

Di akhir pernyataan pers Taufik juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar mewaspadai bencana yang tidak bisa di prediksi dan meminta seluruh pihak untuk menjalin informasi apabila terjadi bencana banjir maupun adanya pohon tumbang serta sarang tawon ndas agar langsung melaporkan kepada  pihak BPBD kabupaten Tuban melalui pos terdekat yaitu pos Rengel, pos Jatirogo dan pos kota. (Fau/Red)