Sudahkah Ideology Pancasila Berperan pada Kehidupan Masyarakat Indonesia ?

oleh -

Oleh: Ainun Nabila

SuaraBojonegoro.com – Ideologi Pancasila secara kausalitas bersumber dari nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia seperti yang ada dalam adat istiadat dan agama-agama bangsa Indonesia sebagai pandangan hidup bangsa. Oleh karena itu, Ideology Pancasila ada pada kehidupan bangsa dan terlekat pada kelangsungan hidup bangsa dalam rangka bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Namun pada perkembangan zaman saat ini, Ideologi Pancasila belum sepenuhnya diterapkan oleh masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial.

Seperti isu yang sedang berkembang mengenai kasus moralitas yang ada di masyarakat. Kasus moralitas itu adalah maraknya bullying dibeberapa kalangan. Hal tersebut biasanya bisa terjadi di media online,maupun kehidupan social yang nyata. Seperti contoh kasus yang terjadi pada bulan desember 2019 kemarin. Beredar kasus bullying antara pelajar SMP disalah satu sekolah di Pekanbaru. Dilansir pada kompas.com. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh kesalahpahaman akibat bercanda dan berujung perkelahian. Akibat dari perkelahian salah satu dari mereka harus dibawa ke Rumah sakit.

Menurut saya dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa rendahnya sikap moralitas yang tidak sesuai dengan Ideology Pancasila. Seharusnya masyarakat Indonesia berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai Ideology Negara. Karena pada hakikatnya setiap manusia memiliki hak untuk hidup dan kebebasan berpendapat. Dan setiap manusia punya hak untuk mengembangkan diri dan menentukan pilihan hidupnya dan tidak menyimpan tekanan, ancaman, paksaan/ intimidasi dari para pelaku perundungan. Perundungan (bullying) pun sangat bertentangan dengan nilai pancasila mengenai sila ke-2 Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Berdasarkan kasus tersebut kita harus menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideology Negara sejak dini kepada masyarakat khususnya di lingkungan sekolah. Seperti contoh menanamkan pendidikan karakter dan mengenalkan pendidikan pancasila kepada siswa. Serta berperan aktif untuk mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam perilaku kehidupan sehari-hari. (**)

*) Penulis Adalah Mahasiswa Universitas Islam Malang

No More Posts Available.

No more pages to load.