Atasai Kekeringan Desa Kepohkidul Kerjasama Dengan PDAM

oleh -205 views

Reporter: Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Mengatasi kekeringan di Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Desa setempat  fokus bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bojonegoro. Rabu (16/10/19).

Samudi, selaku Kepala Desa Kepohkidul, menjelaskan jika kerja sama dengan PDAM ini telah dijalin sejak dua tahun yang lalu. “Sejak dua tahun yang lalu pemerintah desa kepohkidul fokus bekerjasama dengan pihak PDAM,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsAppnya.

Dengan kerjasama tersebut Desa Kepohkidul saat ini tak lagi kesulitan air bersih. Tidak hanya itu Pemerintah Desa dalam hal ini juga membantu kebutuhan masyarakat di dusun terpencil agar dapat terjangkau air bersih.

“Kami sebagai pemerintah desa membantu sebagian kebutuhan warga agar penyaluran pipa bisa menjangkau sampai dusun terpencil sekalipun,” ujarnya.

Salah satu desa terpencil yang terjangkau air bersih adalah Desa Sumberwungu. Selain terpencil di desa ini jaraknya cukup jauh sedangkan konsumen air bersih cukup relatif sedikit yakni hanya tiga RT.

“Pemerintah berkoordinasi dengan PDAM agar pipa sampai ke dusun tersebut,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Pak Gundul ini menjelaskan bahwa saat ini di Desa Kepohkidul, seluruh dusun telah tercaver dengan saluran PDAM. Dirinya berharap dengan bantuan Pemerintah Desa ini dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih khususnya disaat musim kemarau seperti ini.

“Jadi saat ini semua dusun sudah tercover dengan saluran PDAM dan alhamdulilah warga sangat terbantu apalagi saat kemarau panjang seperti ini,” pungkasnya. (Bim/red).