Bimtek Kehumasan Oleh KPU Provinsi Jatim

oleh -105 views

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka meningkatkan wawasan kehumasan, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur, Selasa-Rabu, 27-28 Agustus 2019 di Hotel Fave Sidoarjo, Jalan Jenggolo Nomor 15, Pucang Kabupaten Sidoarjo.

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas, Mustofirin didampingi Kasubbag Teknis dan Hupmas, Pinardi mengikuti acara bimtek kehumasan bersama KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur. Bimtek ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan untuk anggota KPU Kabupaten/ Kota Periode 2019-2024.

Dalam bimtek tersebut, Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam menyampaikan bahwa Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas harus mampu menjadi Public Relation dan menjalankan fungsi-fungsi kehumasan.

“Kehumasan di KPU itu unik, kadang harus jadi kapal selam, diam tetapi menjalankan tahapan pemilu, ada kalanya harus jadi helikopter yang harus berisik dan publikasi saat tahapan pemilu berjalan,” tutur Choirul Anam, Ketua KPU Jawa Timur saat sambutan, Selasa (27/08/2019).

Anam menjelaskan, bahwa sebagai penyelenggara pemilu, KPU menjadi lembaga yang seksi saat tahapan pemilu tetapi saat tanpa tahapan pemilu terkadang masyarakat menganggap KPU tidak ada kegiatan.

“Oleh karena itu fungsi kehumasan diperlukan untuk selalu mempublikasikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang kegiatan dan hasil tahapan pemilu,” jelasnya.

Dalam bimtek yang dilaksnakan selama dua hari tersebut, terdapat tiga materi utama yang akan disampaikan, yaitu teknik publik speaking, teknik penulisan berita online, dan teknik fotografi. (Lis/SB)