Marhaban Ya Ramadan 1445 H

oleh -
oleh

Oleh : Ust. Sholikin Jamik

SuaraBojonegoro.com – Umat Islam Indonesia ada yang mulai nanti malam hari ahad tgl 10 Maret 2024,(versi Muhammadiyah) tapi juga ada yang mulai besuk hari Senin tgl 11 Maret 2024 (versi
Pemerintah), menyambut Ramadan 1445 H. Sebagai muslim, dianjurkan juga untuk menunjukkan ekspresi suka cita akan kedatangan bulan istimewa ini.
Salah satu cara mengekspresikan suka cita itu dengan memberikan ucapan selamat ke sesama umat Islam. Ucapan yang paling sering diucapkan ialah ‘Marhaban Ya Ramadan’.

Anjuran ini didasarkan atas hadist Rasulullah yang menjelaskan tentang memberikan ucapan selamat kepada para sahabat. Berikut lafalnya,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُبَشِّرُ أَصْحَابَهُ بِقُدُوْمِ رَمَضَانَ بِقَوْلِ قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ كُتِبَ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حَرُمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حَرُمَ الخَيْرَ الكَثِيْرَ

Artinya, “Rasulullah memberikan kabar gembira atas kedatangan bulan Ramadan dengan sabdanya, ‘Bulan Ramadan telah mendatangi kalian, sebuah bulan penuh berkah di mana kalian diwajibkan berpuasa di dalamnya, sebuah bulan di mana pintu langit dibuka, pintu neraka Jahim ditutup, setan-setan diikat, dan sebuah bulan di mana di dalamnya terdapat malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang luput dari kebaikannya, maka ia telah luput dari kebaikan yang banyak.” (HR Abu Hurairah).

Pengertian Marhaban Ya Ramadan
mungkin sering melihat dan mendengar kata-kata “Marhaban ya Ramadhan” menjelang bulan puasa. “Marhaban ya Ramadan” diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai ‘Selamat Datang Ramadan’. Berdasarkan KBBI, kata ‘marhaban’ berarti ‘kata seru untuk menyambut atau menghormati kedatangan tamu’.

Dikutip dari buku “Shihab & Shihab Edisi Ramadhan” oleh Quraish Shihab dan Najwa Shihab, kata marhaban diambil dari salah satu kata dalam bahasa Arab yaitu, ‘rahb’ yang bermakna luas atau lapang.

Jadi, kata-kata “Marhaban ya Ramadan” dapat dimaknai sebagai ucapan suka cita menyambut kedatangan Ramadan dengan gembira dan niat untuk beribadah dengan maksimal. Ibadah ini akan menjadi bekal untuk perjalanan menghadap Allah SWT.

Salah satu Contoh Ucapan Marhaban Ya Ramadan yang bisa digunakan untuk mengekspresikan suka cita menyambut bulan Ramadan.
1. Marhaban Ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1445 H.

2. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1445 H, mari raih berkah Ramadan dan ampunan Allah SWT

3. Marhaban Ya Ramadan, sucikan hati dan menjadi pribadi yang lebih baik pada Ramadhan tahun ini.

4. Selamat menjalankan ibadah bulan Ramadan 1445 H. Semoga kita semua dilancarkan rezekinya dan dimudahkan segala urusannnya. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.