Menempa Calon Pemimpin Masa Depan yang Berkarakter dan Berkecakapan, Kwarcab Bojonegoro adakan Pelantikan Pramuka Garuda

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro selenggarakan Pelantikan Pramuka Garuda di awal Tahun 2024 di Pendopo Malowopati Kabupaten Bojonegoro. Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari. Adapun pelaksanaan hari pertama pada Sabtu (27/01/2024) dan hari kedua pada Minggu (28/01/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Pj Bupati Kabupaten Bojonegoro Adriyanto, S.E, MM, M.A, Ph.D selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro, Dra. Hj. Nurul Azizah, MM selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro, Drs. H. Hanafi, MM selaku Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro. Turut hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Drs. Nur Sujito, MM dan Kepala Pusdiklatcab Kendalisada M. Dji’an S, M.Pd.

Kak Hanafi Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro menyampaikan laporan kegiatan bahwa anak-anak yang lolos seleksi Pramuka Garuda, yang saat ini dilantik sejumlah 1.596 anak merupakan anak-anak yang memiliki keunggulan dalam keterampilan, Ketangkasan, karakter, kecakapan dan lainnya. Adapun 1.596 anak tersebut terdiri dari 854 Pramuka Siaga Garuda, 566 Pramuka Penggalang Garuda, dan 176 Pramuka Penegak Garuda.

“Bapak dan Ibu segenap orang tua yang sudah berkenan hadir disini, perlu saya sampaikan bahwasanya anak-anak bapak dan ibu telah dinyatakan lolos seleksi dan mengikuti pelantikan Pramuka Garuda ini sejumlah 1.596 anak, terdiri dari 854 Pramuka Siaga Garuda, 566 Pramuka Penggalang Garuda, dan 176 Pramuka Penegak Garuda merupakan anak-anak yang unggul dalam keterampilan, ketangkasan, karakter, kecakapan dan lainnya.” Ungkapnya

Kak Nurul Azizah Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro menyampaikan bahwasanya anak-anak yang lolos seleksi Pramuka Garuda ini hakikatnya seperti di wisuda. Mereka dinyatakan lolos dalam uji keterampilan, ketangkasan, karakter, kecakapan dan lainnya. Seperti hal nya mereka telah menempuh uji Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) sesuai golongannya.

“Bapak dan ibu yang berbahagia, perlu diketahui bahwa anak-anak kalian yang hari ini dilantik menjadi Pramuka Garuda hakikatnya mereka telah di wisuda. Mereka dinyatakan lolos dalam seleksi uji keterampilan, ketangkasan, karakter, dan kecakapan. Sesuai SK Kwartir Nasional nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda bahwasanya untuk menjadi Pramuka Garuda mereka harus menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK).” Ujarnya

Kak Adriyanto selaku Kamabicab menyatakan bahwasanya anak-anak yang saat ini dilantik menjadi Pramuka Garuda adalah aset kabupaten Bojonegoro di masa mendatang. Mereka perlu dijaga dan dibina terutama dalam kemampuan mereka dalam belajar, sosialisasi dan mengembangkan diri. Sebagaimana dalam Pramuka diajarkan kepemimpinan, anak-anak yang lolos seleksi Pramuka Garuda suatu saat akan menjadi pemimpin kabupaten Bojonegoro bahkan Bangsa dan Negara di masa mendatang. Pemerintah kabupaten Bojonegoro berkomitmen untuk siap mendukung demi terciptanya generasi Bojonegoro yang berprestasi. Pungkasnya

Acara Pelantikan Pramuka Garuda hari pertama dan kedua dihadiri lebih dari 3.400 orang, dimana 3.192 berasal dari peserta dan orang tua. Selebihnya berasal dari tamu undangan, pengurus Kwarcab, pengurus Kwarran, dan pembina Gugus depan.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pengucapan Dwi Satya & Tri Satya, sungkeman ke orang tua dan penyematan Medali Garuda kepada seluruh peserta Pelantikan Pramuka Garuda mulai dari golongan siaga, penggalang, dan penegak oleh Pj Bupati Bojonegoro Kak Adrianto dan Kak Nurul Azizah Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bojonegoro. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.