UKM P2J Unigoro Gelar Pengabdian Masyarakat di Lima Kecamatan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — UKM Penelitian Pengabdian dan Jurnalistik (P2J) Universitas Bojonegoro (Unigoro) melaksanakan program pengabdian masyarakat di lima kecamatan. Yakni empat kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, serta satu kecamatan di Kabupaten Tuban. Pengabdian masyarakat yang diikuti oleh 100 mahasiswa akan berlangsung mulai 30 Januari hingga 1 Februari 2024. Upacara pemberangkatan mahasiswa mengabdi digelar di halaman Fakultas Pertanian Unigoro, pada Senin (29/1/24).

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat UKM P2J Unigoro, Jatmiko Budi Santosa melaporkan, ada lima titik lokasi pengabdian yang dipilih. Rinciannya Desa Sentren, Kecamatan Ngasem; Desa Tulungagung, Kecamatan Malo; Desa Panemon, Kecamatan Sugihwaras; Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan; serta Desa Ngrenjeng, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. “Melalui program pengabdian masyarakat, secara langsung kita bisa mengenalkan Unigoro dengan masyarakat,” ucapnya.

Pembina UKM P2J Unigoro, Ardana Putri F., ST., MT., menerangkan, pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh anggota UKM tersebut sama halnya dengan KKN dengan konsep sederhana. Para mahasiswa telah mendapatkan pembekalan sebelum terjun ke masyarakat. “Semoga kebaikan yang kita lakukan hari ini, bisa kembali lagi menjadi hal baik,” terangnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Unigoro, Dr. Tri Astuti Handayani, SH., MM., M.Hum. Beliau berpesan kepada para mahasiswa agar menjaga nama baik almamater di mana pun mereka berada. “Manfaatkanlah momen pengabdian ini untuk melatih diri menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan saat membaut dengan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Dr. Arief Januwarso, S.Sos., M.Si., mengapresiasi program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh UKM P2J Unigoro. Dia berharap, program yang berlangsung selama tiga hari ke depan bisa berjalan lancar. “Output dari pengabdian masyarakat ini bisa menghasilkan jurnal SINTA. Kita sama-sama tahu, membuat jurnal dan laporan pengabdian bukan sesuatu yang mudah. Tentu hal ini akan membantu peningkatan akreditasi kampus,” paparnya.

Pemberangkatan mahasiswa mengabdi ditandai dengan aksi repling anggota UKM Argopala yang membentangkan banner di wall climbing. Sekaligus menyalakan flare untuk membuat suasana semakin meriah. (din/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.