Pemuda Asal Desa Ngablak Kecamatan Dander, Raup Cuan Dari Ternak Kambing Perah

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Seorang Pemuda Di Kabupaten Bojonegoro, sukses budidayakan susu kambing perah dikandang miliknya. Tak tanggung-tanggung, susu kambing yang diproduksi olehnya, dijual tidak hanya di Bojonegoro saja, melainkan hingga Tuban, Lamongan dan Surabaya.
Omset yang didapatkan pun cukup menjanjikan, yakni hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Dilahan seluas kurang lebih 1 hektar inilah, Yanuar pemuda asal Desa Ngablak Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, setiap harinya memproduksi susu kambing.

Hampir setiap hari, dia bersama beberapa pekerja secara rutin panen hasil jerih payahnya yakni memerah indukan kambing di kandang miliknya.

Berbagai jenis kambing mulai dari sapera, pe dsn jawa randu yang berjumlah 55 ekor ini, dalam sehari bisa menghasilkan lebih dar 18 liter susu.
Selain di jual, susu yang diperah juga digunakan untuk anakan kambing, untuk pengembang biakan.

Selain ada sebanyak 55 indukan kambing yang bisa menghasilkan susu, Yanuar juga mengembang biakkan puluhan anakan kambing, yang nantinya dapat menghasilkan susu.

Pengembang biakan dilakukan, agar proses produksi bisa berkelanjutan dan bisa meningkatkan hasil produksi susu.

Menurut Yanuar kepada suarabojonegoro.com ketika diwawancara, Selasa (17/10/2023), bisnis susu perah itu sangat menjanjikan.
Selain perawatan kambing cukup mudah, yakni tetap menjaga kebersihan kandang, hasilnya yang didapat juga sangat menjanjikan.

Untuk harga per botol susu dengan varian rasa mulai dari cocopandan, melon, hingga original dijual dengan harga Rp 10.000,- per 250 mm susu.

“Murah dan terjangkau harganya, “ujarnya.

Yanuar juga mengungkapkan jika
dirinya pertama kali mendirikan kandang kambing sejak tahun 2014, sedangkan fokus pada susu perah dimulai pada tahun 2018.

“Manfaat susu kambing sangat banyak,
terutama untuk kesehatan, bahkan ada juga yang dipesan untuk minuman kucing, lantaran bisa memperindah bulu kucing, “imbuhnya.

Yanuar juga menyampaikan jika pemasaran susu kambingnya ini ke sejumlah pemesan di Bojonegoro dan sejumlah supermarket atau swalayan-swalayan. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.