Ada Penyelamatan Sandera di HUT TNI ke 78 Oleh Kodim Bojonegoro

oleh -
oleh

 

SuaraBojonegoro.com – Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke- 78 pada Kamis (5/10/2023) pagi, di Alun-alun Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berlangsung sangat meriah. Pasalnya, dalam acara itu terjadi drama pembebasan sandera yang dilakukan oleh prajurit Kodim 0813 Bojonegoro.

Drama pembebasan sandera oleh para prajurit Kodim 0813 Bojonegoro itu dilakukan dalam serangkaian simulasi Pertempuran Jarak Dekat (PJD) bersamaan dengan 2 unit Kendaraan Taktis (Rantis) Komando dan Rantis Panser Anoa milik Yonif 516/Caraka Yudha Kodam V Brawijaya.

Terlihat, 2 (dua) regu prajurit terlatih Kodim 0813 Bojonegoro keluar bersama Rantis Komando dan Panser Anoa menyandang senjata laras panjang lengkap dan otomastis dengan bidikan ke depan, kemudian menuju ke sebuah rumah (sasaran) untuk menyelamatkan sandera.

Pandangan dari para tamu undangan dan penonton yang hadir memadati Alun-alun Pemkab Bojonegoro pun terfokus kepada aksi para prajurit TNI Angkatan Darat dari Kodim 0813 Bojonegoro tersebut. Setelah keluar dan menyergap dengan melumpuhkan para gerombolan OTK, terlihat para prajurit telah berhasil menyelamatkan sandera, lalu membawa sandera tersebut naik ke Panser Anoa.

Sementara itu anggota TNI yang berpakaian preman, yang juga memegang senjata laras panjang berusaha untuk menggagalkan penyelamatan tersebut. Namun, para prajurit TNI Angkatan Darat Kodim 0813 Bojonegoro yang sudah teruji fisik dan mentalnya ini pun tetap berhasil menyelamatkan para sandera. Setelah sandera diselamatkan, dinaikkan ke Panser Anoa, 1 regu prajurit pun ikut naik dan Panser Anoa tersebut jalan.

Sedangkan 1 regu prajurit Kodim 0813 Bojonegoro yang lainya, melakukan pembersihan dan penghancuran sasaran yang digunakan gerombolan OTK sebagai lokasi penyanderaan tersebut dengan meledakkan sasaran menggunakan granat.

Sebelumya, demontrasi Bela Diri Militer (BDM) juga tak kalah menarik. Kemampuan teknik bela diri militer yang diperagakan oleh 100 Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro inipun berhasil membuat para tamu undangan dan penonton di Alun-alun Kota Bojonegoro itu berdecak kagum.

Pada pelaksanaan upacara peringatan HUT ke- 78 TNI tahun 2023 ini bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., dan Komandan Upacara dijabat Kapten Kav Rochim Sriwahyu Utomo, Danramil 0813-17/Kalitidu.

Pj. Bupati Bojonegoro, Adriyanto, SE., MM., MA., Ph.D., berharap, diusianya yang ke- 78 tahun ini TNI bekerja semakin profesional, maju dan selalu menjadi kebanggaan dari masyarakat Indonesia khususnya bagi warga Bojonegoro.

“Mudah-mudahan TNI semakin profesional, maju dan selalu menjadi kebanggaan masyarakat seluruh Indonesia khususnya warga Kabupaten Bojonegoro. Dirgahayu TNI ke- 78, TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju,” pungkasnya. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.