Unigoro Miliki 2.700 Koleksi Buku di Perpustakaan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Perpustakaan Universitas Bojonegoro (Unigoro) menyediakan 2.700 koleksi buku yang bisa diakses oleh mahasiswa dan masyarakat umum. Selain itu, perpustakaan tersebut juga sedang menyiapkan layanan digital library agar seluruh civitas akademika kampus bisa mengakses berbagai buku, jurnal, dan skripsi dalam bentuk e-book.

Pustakawan Perpustakaan Unigoro, Aprilia Dwi Saraswati, S.IP., menuturkan, ribuan buku yang tersimpan di perpustakaan tersebut terdiri dari koleksi buku fiksi, buku motivasi, buku referensi perkuliahan, jurnal, surat kabar dan majalah, serta skripsi. Koleksi buku referensi yang ada saat ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing fakutas.

“Koleksi skripsi mahasiswa dari setiap fakultas juga ada. Namun tidak boleh dipinjam atau difotokopi, skripsi harus dibaca di tempat. Kami juga menyimpan skripsi-skripsi mahasiswa dalam bentuk soft file, namun belum bisa diakses karena website perpustakaan masih dalam tahap pengembangan,” tuturnya.

Perpustakaan Unigoro menerima kunjungan mahasiswa perguruan tinggi lain dan mahasiswa umum. Aprilia menerangkan, pengunjung dari luar kampus Unigoro bisa datang dengan menyesuaikan jam buka layanan. “Sementara jam buka perpustakaan menyesuaikan dengan jam kerja kampus. Dari Senin sampai Jumat. Saat liburan semester kemarin, ada beberapa mahasiswa dari Unair (Universitas Airlangga) berkunjung ke sini untuk mengerjakan tugas. Ya kami persilakan,” terangnya.

Selain membaca buku atau mengerjakan tugas, mahasiswa dan dosen memanfaatkan Perpustakaan Unigoro untuk menggelar diskusi. Selain itu, ada fasilitas Pojok Statistik dan BI (Bank Indonesia) Corner yang bisa diakses oleh civitas akademika kampus. “Setiap hari Selasa ada petugas dari BPS (Badan Pusat Statistik) Bojonegoro yang siap memberikan layanan konsultasi statistik kepada mahasiswa dan dosen. Sedangkan di BI Corner, pengunjung bisa membaca-baca 300 buku hibah dari BI,” imbuh Aprilia.

Dalam waktu dekat ini, Perpustakaan Unigoro sedang menyiapkan layanan digital library. Agar seluruh civitas akademika kampus bisa mengakses berbagai buku, jurnal, dan skripsi dalam bentuk e-book. “Besok Jumat (22/9/2023) insyaallah ada penandatanganan kerja sama vendor yang membuatkan platform e-book. Nanti tinggal masuk ke website, kita bisa mengakses soft file buku atau skripsi yang dibutuhkan. Sekarang website-nya memang masih butuh tambahan fitur,” pungkas pustakawan muda tersebut. (din)

No More Posts Available.

No more pages to load.