Haul Ki Andong Sari ke 421 Masyarakat Gelar Kirab Pusaka

oleh -
oleh

Reporter : Suyati

SuaraBojonegoro.com – Kirab pusaka Ki Andong Sari yang selalu diadakan setiap tahunnya adalah  kegiatan rutin yang selalu dilakukan warga Desa Ledok Kulon kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro, tidak ketinggalan hari ini juga dilaksanakan Haul Ki Andong Sari yang 421. Senin (17/07/23).

Sejarah Ki Andong Sari adalah sosok yang bernama asli Arya Mentahun. Pada tahun 1742 bertemu dengan sosok wanita desa yang bernama Sari, kemudian menikah dan tinggal di Desa Ledok sampai tutup usianya.

Acara yang setiap tahun di selanggarakan oleh PPUI (Paguyuban Pemakanan Umum Islam) yang dibentuk oleh warga masyarakat Ledok ini merupakan acara tahunan.

Ritual desa pusaka peninggalan Ki Andong Sari ada tujuh macam  yang di arak yaitu Tumbak Gagak Cemani, Tumbak Godong Andong, Tongkat Galih Kelor, Tongkat Menjalin Bang dan Porong, Rompi Onto Kusumo, Slempang Kebesaran, Pedang cekik dan Kentrung.

Selain arak arakan pusaka terdapat juga gunungan tahu khas ledok kulon dan ditambah ada Seni Oklik Laras Pandowo yang menambah meriah suasana Haul Ki Andong Sari.

Start awal dari makam Ki Andong sari dan melewati beberapa jalan di wilayah Ledok kulon juga Ledok kulon.

Masyarakat berbondong bondong menyaksikan acara yang biasa digelar setiap tahunnya ini.

Saat salah satu warga diwawancari menyatakan acara ini selalu meriah.
“Tiap tahun pasti ada dan selalu ditunggu lumayan buat hiburan anak anak juga.” Ungkap Ani (30) warga Ledok kulon. (Red/Yat)

No More Posts Available.

No more pages to load.