Keistimewaaan Malam Lailatul Qadar

oleh -
oleh

Oleh: Ust. Sholikin Jamik

SuaraBojonegoro.com – Hanya terjadi sekali dalam setahun, tepatnya di bulan ramadhan, tentu membuat malam Lailatul Qadar menjadi momen yang sangat istimewa bagi seorang muslim. Apa saja kira-kira yang membuat malam ini begitu istimewa?

1. Malam Lebih Baik dari 1000 Bulan
Malam Lailatul Qadar ini diceritakan secara khusus di dalam salah satu surat Al Quran, yakni Al Qadr. Di dalam surat itu disebutkan bahwa kelebihan malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Seperti yang tercantum di ayat keempat dan ayat kelima di dalam surat tersebut. Ungkapan tersebut menunjukkan keutamaan ibadah yang dilakukan di Malam Lailatul Qadar.

Ibadah dan amalan-amalan lain di malam tersebut nilai pahalanya akan lebih baik dibandingkan dengan bulan-bulan lain yang di dalamnya tidak terdapat Lailatul Qadar.

1000 bulan secara hitungan setara dengan 83 tahun 4 bulan.

2. Malam Turunnya Al Quran
Hal lain yang membuat malam Lailatul Qadar begitu istimewa di kalangan umat muslim adalah kaYuk a malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al Quran.

Peristiwa ini disebutkan di beberapa tempat di dalam Al Quran seperti surat Al –Qadr ayat 1 dan surat Al Baqarah ayat 185.

Karena Lailatul Qadar merupakan malam turunnya Al Quran, maka momen ini menjadi waktu yang tepat untuk memuliakan Al Quran.

Misalnya, dengan memperbanyak membacanya, mengkhatamkannya, mentadaburinya, maupun menghafalkannya.

3. Malam Turunnya Para Malaikat
Salah satu keutamaan malam Lailatul Qadar adalah malam dimana para malaikat turun ke bumi.

Di dalam surat Al Qadr ayat keempat disebutkan bahwa pada malam tersebut malaikat Jibril dan para malaikat dengan izin Allah turun ke bumi untuk mengatur berbagai urusan.

Imam Al Qurthubi menyebutkan bahwa di malam tersebut para malaikat dari setiap lapis sidratul muntaha turun ke bumi untuk mengaminkan doa-doa orang muslim yang dipanjatkan hingga terbit matahari.

Mereka juga mendoakan umat muslim yang memohon ampunan dan melakukan amal shoili di malam tersebut.

Itulah mengapa umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa di malam Lailatul Qodar, termasuk membaca doa Lailatul Qadar.

4. Malam Penuh Keberkahan
Malam Lailatul Qadar juga disebutkan sebagai malam yang dipenuhi dengan keberkahan. Hal ini tercantum di dalam surat Ad Dukhan ayat yang ketiga.

Ayat ini menyebutkan bahwa Allah menurunkan Al Quran pada suatu malamyang diberkahi untuk memberikan peringatan.

Dengan keberkahan yang memenuhi malam Lailatul Qadar, tentunya seorang muslim tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkannya. Lailatul Qadar menjadi momen yang tepat untuk lebih mendekatan diri kepada Allah.

Oleh sebab itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sholat dan melakukan amalan-malan lain yang bisa menjadi sarana untuk membuat diri mereka semakin dekat kepada Allah.

Hubungan yang lebih dekat dengan Allah yang didapatkan selama bulan ramadhan dan Lailatul Qadar diharapkan berjalan terus.

Maksudnya, seorang muslim diharapkan bisa menjadikan keberkahan Malam Lailatul Qadar untuk mempertahankan ketaatannya kepada Allah jika bulan ramadhan telah selesai.
(Bersambung)

*)Penulis Adalah Ketua KBIHU Masyarakat Madani Bojonegoro

No More Posts Available.

No more pages to load.