Kue Nastar Banyak Dicari Untuk Lebaran Idul Fitri, Begini Resepnya!

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Menjelang lebaran Hari raya Idul Fitri 2023, banyak warga berburu Dan mencari kue untuk hidangan di meja saat tamu datang, Kue nastar kerap menjadi salah satu kue kering favorit di hari raya, termasuk saat lebaran tiba.

Nastar merupakan kue kering identik dengan rasa manis asam dari selai nanasnya. Walaupun biasanya kue nastar hadir dalam bentuk bulat, banyak juga yang membuatnya menjadi karakter lucu, seperti tikus, cabai, landak, dan lain-lain.

Banyak yang juga membuat kue nastar sendiri, dan untuk Membuat kue kering satu ini pun juga tidak sesulit yang kita bayangkan, lho. Asalkan kita menyiapkan bahan-bahannya dengan benar dan mengikuti setiap langkahnya dengan tepat, pasti kita bisa membuat kue nastar yang lezat.

Berikut adalah resep pembuatan Kue Nastar:

Bahan-bahan
Bahan Selai Nanas
Bahan Oles Adonan
Cara Membuat Kue Nastar
Cara Membuat Selai Nanas

Bahan-bahan
350 gram tepung terigu
125 gram mentega
125 gram margarin
50 gram gula halus
2 butir kuning telur
2 sdm susu bubuk full cream

Bahan Selai Nanas
1 kg nanas matang tanpa kulit
220 gram gula pasir
1 batang kayu manis
5 buah cengkeh (opsional)
Sejumput garam
Bahan Oles Adonan
2 butir kuning telur
Secukupnya minyak goreng
3 sdt susu kental manis
kue nastar

Cara Membuat Kue Nastar
Setelah semua bahan sudah kamu siapkan,kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat resep kue nastar berikut ini.

1. Masukkan mentega, margarin, gula halus, dan telur, lalu gunakan mixer untuk mencampur semua bahan secara merata, kurang lebih selama 1 menit. Hindari mengocoknya terlalu lama agar nastar tidak melebar saat dipanggang.

2. Kemudian, masukkan tepung terigu dan susu bubuk ke dalam wadah tersebut. Lalu, aduk secara perlahan menggunakan spatula sampai tercampur rata.

3. Bila adonan sudah merata, kamu bisa mulai mengammbil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola atau bulat. Kamu dapat menggunakan sendok takar berukuran 1 sdt agar ukurannya konsisten.

4. Pipihkan bulatan yang telah kamu buat, lalu masukkan isian selai nanas. Setelah itu, kamu bisa bulatkan kembali dan tata di loyang dengan memberi jarak antar tiap nastar.

5. Setelah itu, kamu bisa memanggang adonan tersebut di dalam oven dengan suhu 160°C selama 15 menit. Bila sudah matang, kamu bisa keluarkan dari oven dan diamkan hingga suhu ruangan.

6. Bila nastar sudah tidak terlalu panas atau setara dengan suhu ruangan, kamu bisa memulas campuran bahan oles ke bagian atas kue. Poles sebanyak 2-3 lapisan.

7. Kemudian, panggang kembali dengan suhu 100°C hingga kecoklatan sesuai oven masing-masing.

8. Bila sudah matang, kamu bisa mengeluarkan dari oven. Diamkan sebentar sampai agak dingin, sebelum menatanya ke stoples.

Resep Nastar

Cara Membuat Selai Nanas
Kue nastar yang enak juga ditentukan oleh selai nanasnya lho, Ruppers. Jadi kamu juga harus membuat selai nanas yang lezat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Parut semua nanas matang dan masukkan ke dalam wajan.

2. Nyalakan kompor dengan api sedang dan aduk terus parutan nanas. Jika sudah mengental, tambahkan kayu manis, cengkeh, dan gula.

3. Lalu, aduk kembali sampai kental dan berubah warna menjadi kuning keemasan. Pastikan kamu terus mengaduknya agar selai tidak gosong. Setelah kental dan berubah warna, angkat selai nanas dan tunggu hingga suhu ruangan.

4. Ambil selai nanas menggunakan sendok takar ½ sdt atau sesuai perkiraan saja, lalu bulat-bulatkan.

5. Selai nanas pun siap menjadi isian kue nastar.

Setelah tahu, resep membuat kue Nastar, silahkan mencoba dan dihidangkan saat lebaran Hari raya Idul Fitri. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.