Puluhan Para Pelaku UMKM Di Bojonegoro Ikuti Kampanye Mandatory Halal

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Bojonegoro pagi ini menggelar kampanye Mandatory halal didua tempat yakni di Supermarket Bravo dan Pasar Wisata Bojonegoro, Sabtu (18/02/2023).

Pada kampanye tersebut dilakukan sosialisasi dengan penyebaran brosur dan membuka layanan bagi masyarakat bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Adanya kampanye mandatory halal ini disambut antusias oleh pelaku UMKM di Kabupaten Bojonegoro yang datang untuk berkonsultasi maupun mengajukan sertifikat halal produk mereka. Kegiatan kampanye mandatory halal ini dilakukan serentak se Indonesia hari ini.

Ketua Satgas Halal Kabupaten Bojonegoro Yasmani mengatakan bahwa kampanye seluruh Indonesia ini ada seribu titik  dimulai pukul 10.00 wib sampai dengan pukul 12.00 wib.

“Dilaksanakan kampanye mandatory halal adalah untuk sosialisasi kepada masyarakat dimana mulai tanggal 17 Oktober 2024 semua produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat luas harus sudah bersertifikat halal, jika tidak akan dikenai sanksi dan tindakan tidak boleh beredar,” jelas Yasmani.

Menurutnya, Sejauh ini baru ada 200 para pelaku UMKM yang sudah terdata, sementara untuk pengajuan sertifikat halal ini tidak dipungut biaya apapun atau gratis, dia berharap agar masyarakat yang memiliki produk agar segara mengurus ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro atau melalui pendamping yang telah ditunjuk.

Terpisah Marinten (45) salah satu pelaku UMKM mengatakan bahwa adanya kampanye sertifikasi halal ini sangat membantu masyarakat yang sangat membutuhkan.
“Terima Kasih Sekali”, pungkasnya. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.