Inilah Hasil Rakor Lintas Sektor Dalam Rangka Operasi Ketupat Semeru 2022 di Bojonegoro

oleh -
oleh

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 H / 2022 M, dan juga pascanya, serta dalam rangka kesiapan Operasi (Ops) Ketupat Semeru 2022, Polres Bojonegoro menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi terkait di Gedung Meliwis Sat Lantas Polres Bojonegoro, Rabu (20/4/2022) pukul 09.00 WIB.

Kapolres Bojonegoro menyampaikan bahwa ucapan terimakasih kepada seluruh undangan yang sudah hadir dalam rakor Lintas Sektoral Ops. Ketupat Semeru 2022. Kegiatan ini merupakan wujud dari kekompakan semua instansi  Pemerintah dimana akan digelarnya Operasi Kemanusiaan.

Kapolres Bojonegoro juga menyampaikan bahwa Operasi Ketupat Semeru 2022 digelar sebelum dan sesudah hariRaya Idul Fitri 1443 H. Prediksi dari Pemerintah Pusat untuk mudik lebaran tahun ini dimungkinkan ada peningkatan. Hal tersebut tentunya membutuhkan pengawalan serta pengamanan agar seluruh kegiatan menjadi aman dan lancar.

“Mari bersama-sama untuk mengamankan dan mengawal Operasi Kemanusiaan ini dengan memberikan pelayanan kepada warga masyarakat yang akan mudik nanti. Serta tetap memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap disiplin protokol kesehatan saat mudik,” ungkap AKBP Muhammad.

Adapun hasil Rakor adalah diantaranya yaitu Masa angkutan lebaran dimulai dari tanggal 25 April 2022 sampai dengan 10 Mei 2022, karena puncak arus mudik diperkirakan tanggal 28 April 2022 s/d 1 Mei 2022.

Adapun puncak arus balik diperkirakan tanggal 6 – 8 Mei 2022, dan Rencana pelaksanaan Ramp Check pada minggu ke 4 bulan april dan dilaksanakan di Terminal Rajekwesi dan Terminal Padangan guna memastikan kelaikan sarana transportasi.

Berdasarkan hasil survey Kementerian Perhubungan akan terjadi potensi pergerakan nasional sebanyak 31,6 % atau 85,5 juta orang sedangkan moda yang paling banyak digunakan adalah mobil pribadi dan sepeda motor.

Selanjutnya, Kepada Kapolsek, Danramil dan Camat agar memetakan warga yang akan membagikan zakat untuk mengantisipasi kerumunan agar tidak terjadi penambahan kasus covid-19 atau tindak kriminalitas dan kejahatan lain, serta Menyampaikan himbauan pembatasan operasional angkutan barang selama masa angkutan lebaran kepada perusahaan-perusahaan melalui surat, banner maupun media sosia.

Dari hasil rakor juga didapati akan Mendirikan 1 Pos Pelayanan di Terminal Rajekwesi, 4 Pos Pengamanan ( Depan Kecamatan Baureno, Pos Jambean, Padangan dan Margomulyo) dan 8 titik pos pematauan ( Baureno/ Rel Tawang, Simpang 4 Balen, Simpang 4 Proliman, Depan Stasiun KAI, Terminal Bethek, Terminal Temayang, Simpang 3 Purwosari dan Depan Telkom Sumberjo).

Memberikan himbauan kepada warga atau tokoh masyarakat untuk  menyampaikan informasi kepada keluarga atau warga masyarakat yang akan melakukan mudik agar tidak memakai kendaraan roda dua guna mengurangi angka kecelakaan dan disarankan menggunakan angkutan umum.

Mempersiapkan tim vaksin pada pos yang telah ditentukan dan memastikan sasaran vaksin sesuai ketentuan Dinas Kesehatan sehingga vaksin tidak terbuang;
Membentuk tim urai kemacetan di wilayah barat dan timur yang beranggotakan Satlantas dan Dishub.

Beberapa daerah rawan macet telah diantisipasi dengan jalur alternatif di beberapa titik antaralain di Kecamatan Baureno, Padangan serta jalur alternatif Bojonegoro – Nganjuk, dan
Membuat Banner jalur alternatif untuk memudahkan masyarakat dalam perjalanan mudik.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bojonegoro, Andi Sudjarwo menyampajka. Juga dalam sambutannya bahwa  untuk mewujudkan Mudik Aman Mudik Sehat, Dishub menghimbau kepada seluruh masyarakat Bojonegoro untuk senantiasa berhati hati saat berkendaraan.

“Mari kita taati seluruh aturan lalu lintas dan tetap mematuhi protokol kesehatan selama melaksanakan kegiatan baik Ramadhan maupun Perayaan Idul Fitri 1443 H,” Kata Andik Sudjarwo.

Rakor tersebut dipimpin oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si didampingi Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol . Arm. Arif Yudo Purwanto, Bupati Bojonegoro diwakili Kadishub Bojonegoro Andik Sujarwo. Rakor juga diikuti Para Pejabat Utama Polres Bojonegoro, Komandan Subdenpom V/2-1 Bojonegoro,  Komandan Kompi 3 Yon C Pelopor Sat Brimob Polda Jatim, Camat Se Kabupaten Bojonegoro, Kapolsek Jajaran Polres Bojonegoro,  Danramil Jajaran Kodim 0813/Bojonegoro, Para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bojonegoro, Kepala Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Kepala Stasiun Kereta Api  Bojonegoro,  Ketua Palang Merah Indonesia Bojonegoro, Ketua Senkom Bojonegoro. (Red/Rum/Adv).

No More Posts Available.

No more pages to load.