Gelar Anugerah Kelas Berprestasi, MIM Kapas Tetapkan 7 Katagori

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kebersihan lingkungan merupakan kegiatan menjadikan lingkungan yang indah, nyaman, dan enak dipandang. Kebersihan tentu tidak hanya pada satu tempat saja, seperti halnya kebersihan di luar dan di dalam kelas. Namun menjaga kebersihan ruang kelas dan luar ruangan kelas harus dilakukan agar lingkungan tempat belajar menjadi suasana yang nyaman dan menyenangkan, hal itu juga Agra ruang kelas yang bersih membuat para murid terjauh dari berbagai penyakit seperti DBD atau demam berdarah.

Berawal dari peristiwa tersebut menjaga dan membudayakan kebersihan lingkungan sangalah penting dilombakan untuk menjadikan motovasi murid murid selalu menjalankan kewajiban untuk membuang sampah pada tempatnya. Tidak sedikit para murid sekolah yang masih membuang sampah sembarangan tempat seperti di taman, tempat duduk, teras kelas, bahkan kadang juga pada kolong meja, yang berakibat menjadi sarang nyamuk, dan akan menimbulkan penyakit seperti demam berdarah.

Disampaikan oleh Muhammad Yusron, bahwa Melalui kegiatan anugerah  kelas berprestasi ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap kebersihan dan keindahan, mempererat hubungan antar sesama personal, khususnya siswa di MI Muhammadiyah 21 Kapas. Setiap orang selalu mendambakan lingkungannya yang bersih sehingga pihak sekolah mengadakan lomba Anugrah Kelas Berprestasi untuk kenyamanan pada saat proses belajar mengajar.

Muhammad Yusron juga menjelaskan jika Tidak hanya kebersihan, rasa patrotisme dan berideologi Muhammadiyah juga menjadikan catatan bagi lembaga. Bagaimana seorang anak tumbuh rasa patriotismenya dengan menambahkan beberapa atribut kebangsaan dan mengenal jasa para pahlawan dengan menambah peraga di masing-masing kelas.

Diharapkan dengan kegiatan ini tumbuh nilai nasionalisme dan mengenal lebih jauh atribut-atribut kebangsaannya. Sama halnya dengan berideologi Muhammadiyah yang perlu ditanamkan sejak dini. Hal ini menjadi sebuah keharusan karena mengenyam pendidikan di lembaga Muhammadiyah dan bagian dari proses perkaderan Mengenal organisasi Muhammadiyah melalui peraga dan jargon serta symbol-simbol tertentu diharapkan bisa menumbuhkan dalam berideologi Muhammadiyah.

“Harapannya selain menumbuhkan kesadaran akan budaya bersih juga bisa menjalin kerjasama antara wali kelas dengan paguyuban wali murid. Hal ini terlihat di awal tahun 2022 saat mulai diumumkan.” ujar Kepala MIM Kapas.

Dikatakan juga oleh Kepala MIM Kapas, Semua wali Murid yang tergabung dalam paguyuban wali murid 7 kelas saling bantu membantu menjadikan kelas terbaik. Sepulang sekolah hingga menjelang magrib sudah menjadi pemandangan yang biasa saling bahu membahu antar wali dalam menyiapkan Anugerah Kelas Berprestasi. Bahkan tak hanya itu perabot kelas sedianya juga paguyuban yang mengadakananya untuk kelas masing-masing.

Dalam Puncak acara Anugerah Kelas Berprestasi Tahun 2022 MI Muhammadiyah digelar pada Ahad, 20 Februari 2022, yang digelar di halaman MI Muhammadiyah 21 Kapas bersamaan dengan Ahad Ceria Oleh Kampung Dongeng Bojonegoro dan Market Day TK ABA Kapas, Kepala Sekolah yang juga alumni UIN Sunan Ampel ini menyampaikan, bahwa agenda puncak Anugerah Kelas juga disandingkan dengan kampoeng dongeng dapat diharapkan selain menanamkan edukasi lewat cerita dongeng juga bagaimana mereka menampilkan kelas yang selama ini menjadi tempat belajar di depan dewan juri.

Ada 3 juri yang memberikan penilaian mulai dari Pengawas Madrasah A. MIftachus Sholichin, konsultan pendidikan M. Yahya, hingga Majelis Dikdasmen Muhammadiyah, Anwar. Penilaian berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WIB untuk memberikan penilaian pada 10 indikator yang ditentukan.

Wali kelas dan paguyuban sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hampir semua kelas paguyuban berseragam baru dan terlihat ceria menyambut kedatangan dewan juri. Mereka menjawab semua pertanyaan dari dewan juri dengan sedikit gurau agar tidak tegang. Tidak terkecuali masing-masing wali kelas juga demikian.

Mereka sangat cakap dalam memberikan presentasi mulai dari masuk kelas hingga keadaan sesunggunya di kelas, Banyak tema dari 7 kelas yang mengikuti kegiatan ini. Mulai dari tema, alam, antariksa, nasioanlisme, hingga nuansa religious di kelas. Hal ini terlhat dari banyaknya alat peraga pendidikan dan juga gambar ruangan yang menyesuaikan dengan tema yang diangkat.

Selain penilaian lapangan, pihak sekolah juga menayangkan lewat virtual berupa presentasi wali kelas. Masing-masing wali kelas menampilkan video saat presentasi di kelasnya. Di video tersebut juga menampilkan partisipasi paguyuban, testimony dan yel-yel 7 kelas. Hasil tayangan video ini diupload di akun youtube sekolah dengan judul Anugerah Kelas Berprestasi. Terlihat dari penayangan baru semalam sudah ditonton lebih 1000 viewer.

Di penghujung acara ini kepala sekolah menyampaikan hasil penilaian yang telah dikoreksi oleh tim panitia di hadapan siswa, guru, dan paguyuban. “Kita sangat mengapresiasi apa yang disajikan dalam kegiatan ini. Tidak hanya wali kelas, paguyubanpun punya kontibusi besar mulai persiapan hingga finishing”, ujar pria yang juga sekretaris LDK Bojonegoro ini.

Dari 7 kategori yang ditentukan diperoleh hasil sebagai berikut: Kelas 1 sebagai kelas interaktif, kelas 2 sebagai kelas interaktif, kelas 3 A sebagai kelas kreatif, kelas 3B sebagai kelas literasi, kelas 4 sebagai kelas inovasi, kelas 5 sebagai kelas saintifik, dan kelas 6 sebagai kelas edukatif. Diharapkan dari kegiatan ini masing-masing warga sekolah seterusnya mempunyai tanggungjawab untuk menjaga, merawat, dan membudayakan hidup bersih.

Di akhir sambutannya ia menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Mulai dari kampung dongeng yang menampilan cerita, kreatifitas, senam hingga sulap yang sangat menghibur. Demikian juga sponsorsip lainnya, dari Lazizmu Bojonegoro, MTsM 5 Al Fajar Kapas, MTsM 3 Sumberrejo, MTs Islamiyah Balen, SMPM 9 Bojonegoro, SMPN 1 Kapas, dan SMPN 1 Balen. Selain menjadi sponsor juga telah memberikan penampilan terbaik siswa siswinya di atas panggung di sela-sela penilaian. Ia berharap ke depannya bisa lebih ditingkatkan kerjasama di kegiatan-kegiatan lainnya. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.