Upaya Pemkab Bojonegoro dan EMCL dalam Meningkatkan Fasilitas Air Bersih di Kecamatan Dander Kini Terwujud

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Upaya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan membangun instalasi air bersih di Desa Ngunut dan Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro sudah menuai hasil. Melalui Program Penataan Sumber Air tahun 2021, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan sumber air yang layak. Program dimulai sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022.

“Terima kasih kami ucapkan kepada ExxonMobil Cepu Limited yang telah membantu masyarakat Desa Dander dan Desa Ngunut mendapatkan akses air bersih yang layak,” ucap Camat Dander, Mukhamad Hariyanto pada acara Serah Terima Program di Balai Desa Ngunut, Rabu (9/2/2022).

Mewakili Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Camat berharap program ini bisa berlanjut untuk desa-desa lain di wilayah Kecamatan Dander yang belum mendapat akses air bersih dengan baik.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Bappeda, KPH Bojonegoro, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Bojonegoro, Forkopimcam Dander, Pemerintah Desa Ngunut dan Pemerintah Desa Dander. Program ini merupakan kolaborasi dan sinergitas multipihak, sebab kedua desa ini berbatasan dengan wilayah hutan yang memiliki sumber air yang melimpah. Untuk itu pelestarian dan pengelolaan sumber air menjadi tanggung jawab semua pihak.

External Affairs Manager EMCL, Ichwan Arifin mengatakan bahwa progam air ini merupakan prioritas dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatan kesehatan masyarakat dengan cara pemenuhan kebutuhan air bersih. Diketahui bahwa Kecamatan Dander memiliki sumber air yang melimpah, namun belum semua warga mendapatkan apse’s air bersih.

“ExxonMobil Cepu Limited berkomitmen untuk terus mendukung program pengembangan masyarakat dalam kegiatan konservasi, kelestarian dan keseimbangan alam, kali ini kami mendukung kebutuhan masyarakat Desa Dander dan Desa Ngunut akan akses air bersih,” ungkap Ichwan.

Pada pelaksanaannya, program ini didampingi oleh LSM Ademos. Sebagai mitra dari ExxonMobil Cepu Limited, Direktur Ademos, Mohammad Kundori mengucapkan terima kasih kepada Forpimcam Dander yang sudah mendampingi dari awal program sampai hari ini kegiatan serah terima. Ademos turut bangga telah ikut andil dalam membangun Bojonegoro. Ademos siap untuk tindak lanjut dalam aktivitas pengelolaan air, apalagi kedua desa ini memiliki wisata air yang banyak dikunjungi masyarakat. “Hal ini menjadi penting bahwa sumber air harus kita rawat agar sumber air memiliki kualitas dan kuantitas yang melimpah” cetus Kundori.

Diakhir acara dilanjutkan serah terima secara simbolis oleh perwakilan EMCL, Ichwan Arifin kepada Kepala Desa Ngunut, Suwarno dan Kepala Desa Dander, Juprianto, disaksikan oleh undangan yang hadir dalam acara tersebut. Maka setelah itu, terhitung bangunan infrastruktur air bersih telah resmi menjadi aset milik desa. (Red/SB)

No More Posts Available.

No more pages to load.