Koperasi Produsen Agribisnis Desa Katur Raih Juara 1 Lomba Kreasi dan Inovasi

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kiprah KPA Desa Katur dalam memberdayakan petani di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro menorehkan penghargaan prestisius. KPA Makmur Sejahtera Bersama itu merebut juara 1 Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

“Alhamdulillah berkat dukungan para anggota, kita meraih penghargaan ini,” ucap Sunjani saat menerima penghargaan pada Rabu (20/12/2023).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala DKPP, Helmi Elizabeth. Pada kesempatan tersebut, Helmi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pelaku di bidang pertanian. Menurutnya, semangat dalam bidang pertanian harus terus berkobar untuk terus berkreasi dan berinovasi.

“Selalu semangat untuk terus menciptakan kreasi dan inovasi karena teknologi semakin maju. Kita tidak bisa diam stagnan saja karena perubahan teknologi begitu cepat,” ucapnya.

Helmy menyampaikan, selama ini para pelaku pertanian hanya bisa memasarkan hasil pertanian di lingkup terbatas. Karena teknologi, kini petani dapat menjangkau lebih luas lagi dengan daya tarik tersendiri.

Helmy berharap, lomba Kreasi dan Inovasi ini dapat memberikan motivasi kepada pelaku pertanian agar selalu bangga menjadi insan pertanian. “Kalau ditunjuk mewakili ke provinsi maupun nasional kita sudah ada kandidatnya. Selamat dan sukses kepada pemenang semuanya,” katanya.

Lomba Kreasi dan Inovasi Bidang Pertanian 2023 dibagi menjadi 11 kategori yaitu Petani Berprestasi, Petani Milenial Berprestasi, Kelompok Tani Tanaman Pangan (Hortikultura) Berprestasi, Kelompok Tani Tanaman Pangan (Jagung) Berprestasi, Kelompok Tani Tanaman Pangan (Padi) Berprestasi, Gapoktan Berprestasi, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi, Pelaku Olahan Tanaman Pangan dan Hortikultura Berprestasi, Unit Pelayanan Jasa Alsinta (UPJA) Berprestasi, BPP Berprestasi dan Penyuluh Pertanian (ASN) Teladan.

Lomba digelar pada 27 – 28 November 2023. Pada kurun waktu tersebut, panitia melakukan observasi untuk penilaian dan ditentukan keputusan pemenangnya pada 11 Desember. Beberap nominasi merupakan peserta baru karena pemenang tahun lalu tidak disertakan.

KPA Makmur Sejahtera Bersama Desa Katur merupakan bagian dari Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di bidang ekonomi masyarakat. Didirikan pada bulan April tahun 2016, KPA menaungi lebih dari 220 petani yang ada di sekitar Lapangan Banyu Urip di Kecamatan Gayam dan Kalitidu. Kegigihan para pengurus KPA telah membentuk pola koperasi petani yang patut dijadikan contoh. KPA telah membangun berbagai kerja sama dengan instansi bisnis untuk mengembangkan pasar.

Kini secara rutin KPA memasok 26,5 ton beras untuk kebutuhan catering pekerja di Lapangan Banyu Urip. Kemitraan ini juga menampilkan model pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.