Desa Pilanggede Kembali Terima Penghargaan Tingkat Nasional

oleh -

hSuaraBojonegoro.com – Desa Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro mendapatkan penghargaan Tropi Proklim Utama tahun 2021, penghargaan tersebut diserahkan secara virtual langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, kepada Kepala Desa Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro dalam rangkaian puncak kegiatan festival iklim tahun 2021.

Penyerahan tropi tersebut disaksikan langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bojonegoro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro dan Camat Kecamatan Balen yang digelar di ruang Command Center Pemkab Bojonegoro, lantai 2 Gedung Pusat Informasi Publik (PIP), Selasa, 19/10/21.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, Hanafi berharap adanya penghargaan tersebut mampu memberikan motivasi untuk desa atau kelurahan yang lain, sehingga dapat menambah jumlah kampung iklim yang ada di Bojonegoro.

Selanjutnya, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur Prasetijo, mengatakan, penghargaan ini perlu dijaga dengan melakukan aksi nyata guna menjaga iklim, serta bisa menjadi contoh desa-desa lain.

“Perlu ada peningkatan terus menerus karena kalau kita berbicara iklim itu tidak akan pernah berhenti,” katanya usai Virtual Metting dengan KLHK.

Mantan Kadin Kominfo Kabupaten Bojonegoro itu menambahkan, bagi desa lain yang ada di Kabupaten Bojonegoro, bahwa persoalan yang mendasar adalah persoalan kekeringan, dan kekeringan itu tidak terlepas dari perubahan iklim yang ada.

“Maka pengalaman yang sudah diterapkan oleh desa pilanggede ini bisa diadopsi oleh desa-desa lain, tentu menjadi solusi dalam rangka menghadapi problematika yang terkenal kekeringan yang sangat tinggi dan saat musim hujam air berlimpah ” Imbuhnya.

Proklim (Program Kampung Iklim) merupakan program berlingkup nasional yang memadukan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap adanya perubahan iklim dengan melibatkan peran serta masyarakat, pemerintah dan lembaga. Pada tahun 2021 ini, ada sebanyak 600 peserta usulan se Indonesia. Namun, dari ratusan peserta tersebut hanya diambil 54 kategori Tropi Proklim utama dan 7 kategori Tropi Proklim Lestari. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.