Karya Seni Tenun Tapestri, Tawarkan Hasil Yang Unik dan Menawan

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Industri kreatif tak pernah mati. Bahkan kreasi rajut yang sudah ada sejak zaman kakek-nenek terus bergeliat. Di tangan Unin Rosalini, dia mulai merambah ke tapestri, seni tenunan menggunakan benang-benang.

Jika tapestri identik dengan hiasan dinding dan tirai, Ros, sapaan akrabnya mengkreasikan tapestri menjadi tas cantik dengan berbagai motif. Di temui di rumah produksi di Jalan Dr Suharso, Gang Dharma Bakti No 20, Kelurahan Mojokampung, Kecamatan Bojonegoro, Ros mulai merambah ke seni tenun.

Berbagai jenis macam benang berwarna-warni tersusun rapi di rak dinding. Sebuah meja dipenuhi berbagai macam produk kerajinan Ros yang imut dan menggemaskan. Ada boneka rajut, gantungan kunci, tas hp dan berbagai produk dari benang lainnya.

“Sejak pandemi, saya mulai berpikir produk kreatif apa lagi yang sedang naik daun. Nah, salah satunya tapestri ini. Kalau untuk boneka rajut saya beri nama Gawekno Rajut, yang tapestri mereknya Rosalini,” tutur Ros sambil menunjukkan kreasi tapestri miliknya.

Menurut perempuan lulusan D3 Gizi ini, pembuatan tapestri jauh lebih rumit karena menggabungkan dua jenis benang dengan dua warna. Tentunya, harus memiliki kreatifitas tinggi untuk melihat pola-pola dasar agar terbentuk menjadi sebuah tas atau dompet yang apik.

Ros mengaku, dalam seminggu dia bisa membuat satu produk tapestri. Katanya, maklum karena baru terjun ke dunia baru. Sambil memperlihatkan hasil karya pertamanya, Ros mengatakan untuk harga dia berani bersaing. Sebagai salah satu produk UKM Bojonegoro, Ros mengunggulkan kerapian dan motif-motif unik.

“Kalau untuk dompet harganya berkisar Rp 60 ribu sampai Rp 75 ribu. Kalau tas mulai Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu tergantung kerumitan,” papar perempuan berambut ikal ini.

Tangan Ros lincah menggerakkan hakpen atau jarum rajut. Dia sedang membuat pesanan dompet dari Surabaya. Untuk pemasaran, selain di sekitaran Bojonegoro dan Tuban, produk kerajinan Ros sudah capai luar kota seperti Kalimantan dan Jogja. Jika penasaran seperti apa hasil dari tangan Ros, silakan berkunjung ke laman Instagram atau Facebook-nya.

Ig : gawekno_bonekarajut
Fb : Rosa Lini Crochet
Wa : 0821-4285-677

(Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.