Pembebasan TKW Malaysia Atas Tuduhan Pembunuhan Adalah Bukti Kehadiran NKRI

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Usai ditahan selama lebih dari dua tahun di penjara Malaysia pascatuduhan melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam, kakak dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Siti Aisyah akhirnya dibebaskan. Selasa (12/03/19).

Mudiani, selaku Ketua DPP Banteng Muda Indonesia bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak, menyambut gembira atas pembebasan Siti Aisyah, Ia menjelaskan kasus yang dialami Siti Aisyah bermula dari tuduhan pembunuhan Kim Jong Nam di daerah yang masih menjadi teritori Malaysia, sehingga proses hukumnya pun harus dijalani di negeri jiran.

“Alhamdullilah atas kebebasan Siti Aisyah, dari tuduhan pembunuhan. Ini bukti negara Kesatuan Republik Indonesia hadir untuk warga negaranya,” katanya.

Caleg DPR RI, Dapil Bojonegoro-Tuban, ini menuturkan bahwa upaya pembebasan tersebut pun dilewati melalui proses yang cukup panjang. Yakni mulai dari perintah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hingga pejabat terkait yang telah berusaha untuk mencari cara demi membebaskan Aisyah melalui koordinasi dengan pemerintah Malaysia.

“Kordinasi yang panjang dan baik ini akhirnya berbuah baik, dengan dibebaakannya Siti Aisyah,” ujar wanita yang sekaligus menjabat sebagai staf Wakil Direktur Bidang Organ dan Wilayah, Tim Kampanye Nasional, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Semoga pembebasan Siti Aisyah, ini menjadi acuan dalam memberikan perlindungan hukum bagi WNI lain di luar negeri,” ujar Ibu dua orang anak ini.

Dengan keberhasilan Pemerintah dalam pembebasan Siti Aisyah ini dirinya menyakini jika akan berdampak positif pada psikologis Tenaga Kerja Indonesia pada keseluruhannya. Sebab mereka menjadi yakin pemerintah hadir dan concern pada permasalahan TKI yang kerap mendapat perlakuan tak manusiawi di luar negeri.

“Apa yang sudah dilakukan Menkumham, lobi-lobi pemerintah Malaysia untuk tidak mengeksekusi ini sudah sangat bagus. Sudah sangat maksimal,” ucapnya.

Dirinya berharap untuk kedepan Siti Aisyah, dapat menjalani hidup dengan nyaman dan aman bersama keluarga. Apa yang dijalaninya selama ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga untuk kedepannya.

“Kedepannya saya berharap Siti Aisyah, dapat lebih sukses dalam menjalani hidup, apa yang terjadi pada sela ini semoga dapat emnjadibpembelajaran yang berharga,” pungkasnya. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.