GAIRAH MALAPETAKA Eps. 3 – Geli Sahabat

oleh -
oleh

“Kamu ini kenapa sih..? nggak bisa pelan apa..” Kata Guntur kebingungan mencari penjelasan.
“Kamu itu di panggi Mamak mas.. Di suruh kesana cepat cepat ” kata Beki adek ipar Guntur yang berusaha menjelaskan.

Cek cok yang membuat Guntur serasa waktunya istirahat di sita. Tidak mendapat hak untuk santai sejenak. Guntur yang kalem berubah sifatnya saat itu. Lanjut mereka berjalan dengan suasana kaku, wajah kusut ke rumah Mertua Guntur. Terlihat dari kejauhan Ibu Mertua Guntur berdiri dengan expresi mencekam seram.

“Guntur.. kamu itu bener – bener ya.. Nggak tau malu.. Nggak tau terima kasih.. pake motor sudah enakmu sendiri.. ini bensin malah habis nggak kamu isi..” Ibu Mertua yang sudah berdiri di depan pintupun menyambut kedatangan Guntur dengan suara keras.

“Sebentar sebentar… Sabarr.. Kenapa sih harus selalu dengan emosi..? kenapa harus selalu dengan teriakan..? saya tau saya salah.. tapi tolong.. tolong dengan cara yang tenang.. dingin.. dan enak gitu lo..”
Begitulah Guntur berusaha mendinginkan suasana ketika sudah terasa panas..

“Kan bisa .. Beki minta duit aja di rumah tadi buat beli bensin.. Saya itu belum istirahat.. habis kehujanan.. Logikanya.. Gimana saya mau beli Bensin.. Kan cuaca lagi hujan lebat..Gimana juga nggak pake motornya.. Kan Mamak dan Bapak sendiri yang nawarin saya kerja pake motor itu.. dari pada malam nggak ada yg pake” Guntur berusaha menjelaskan dengan bahasanya yang halus tapi tegas.

Guntur memang pribadi yang pendiam, dan tidak terlalu suka ikut campur urusan orang lain. Tapi Guntur juga seorang yang banyak omong ketika dia tersinggung, banyak sekali omong apa lagi tentang Politik dan Agama.

“Kamu memang banyak omong ya.. terserah saya dong mau teriak mau marah.. mau jungkir balik.. ini dirumah saya sendiri.. motor juga punya saya sendiri.. kamu memang nggak ada kerja kerasnya ya.. pulang kerja tidur.. di suruh ini itu alasan terus biar kamu bisa tidur.. tau saya..” Ibu Mertua dengan tangannya di pinggang dengan angkuhnya.

“Ya Tuhaann… Ya sudah ini uang buat beli bensin..” bilangnya si Guntur dengan lemas dan malas berdebat.
“Beki.. Beki.. nih uang beli bensin sana.. malas saya ngomong sama orang gak punya perasaan..” dengan jengkel Guntur bilang seperti itu dan pergi begitu saja tanpa pamit.

Pulanglah dia dengan masih menahan malu sama tetangga tetangganya. Dengan menahan perasaan kesal hingga mules perutnya. Dan cepat semakin cepat dia pulang karena dia sudah kebelet buang sisa makanan di perut dan “Bret Bret…” terkentut kentut karena jalannya Guntur setengah lari.

(maaf ya buat pembaca yang lagi makan .. hehe)

“Sreeuuuuuuppp… sssshhh huufffff…” Lanjut Guntur menikmati kopi dan rokoknya. Lalu ke kamar tertidur pulas.

“Tokieet Tokiiet Tokieet… Wayahe Wayahe..”
“Haduuhh.. siapa lagiii ini.. ohh Fika” Guntur terbangun kaget.

“Bi.. Gimana tadi sayurnya..?”
“Sudah Mi.. Bayar sama kamu aja nanti aku bilang gitu”
“Oh ya Sudah.. Makasih ya”
“Ya sudah aku mau tidur dulu Mi.. ngantuk banget.. pening kepala”
Guntur ngomong dengan tidak jelas, sudah nggak kuat menahan letihnya.

Waktu masih menunjukkan pukul 9.20, anak angkat kedua (Gebi namanya) beranjak dari dia main handphone dan berangkat ke pasar bantuin Fika. Karena rumah dengan pasar berdekatan kurang lebih 200m saja. Dia jalan kesana dengan dengerin musik kesukaan dia.

“Aku titipkaann diiiaaa lanjutkan perjuaaaangankuuu tuknyaa.. bahagiakan diaa..kau sayangi diaa.. sepertiku menyaaaayaaanginyaaa..” Gebi bernyanyi sambil jalan dengan riangnya.

Gebi adalah anak kelas 2 SMP swasta. Jam Sekolahnya di mulai pukul 13.00 dan Dia anak yang penurut walau kadang sedikit menunjukkan expresi wajah kesal ketika dia di suruh. Tapi tidak suka membantah seperti kakaknya si Febi. Kalau Febi suka sekali bantah berontak ke Ibunya ketika Ibunya minta tolong. Suka maen seenaknya sendiri tanpa pamit. Jadi yang terlihat dewasa ya si Gebi.

“Geb… Gebiii… Geeeebbbb” Teriak teman maennya Gebi memanggil (Siska namanya)

“Haaahhhh…Kamu manggil Sis” Berhenti si Gebi balik badan lepas headsetnya.

“Kamu ih di panggil panggil juga … lempeng aja jalan.. Kamu mau kemana Geb..?” Tanya Siska.

“Biasaaa… ke tempat Ibukku… Cari uang jajan…Hehehe.. mau ikut..? ” Cengengesan si Gebi karena keasyikan bakal dapat uang jajan.

“Ya sudah ayok.. Bosen juga di rumah” Kata Siska sambil maen Lato Lato atau biasa di bilang Tek Tek.

Mereka jalan berdua sambil bergantian maen Lato Lato..

“Cetok..Aduuhh” Teriak Gebi kesakitan.
Ternyata Lato Lato yang di maenkan Siska talinya putus kena kepala Gebi.

“Aduh Siss..benjol dah ini kepalaku.. kamu sih nggak hati hati” mengeluh Gebi kesakitan.

“Maaf Geb Maaf.. nggak tau kalo talinya putus…kalo tau mau putus nggak ku pake lah..maaf Geb.. nggak bedarah kan..? coba ku lihat..?” Siska kebingungan.

“Aku nggau mau tau.. Pokoknya aku nanti beliin es krim.. Wajib.. Harus..” Kata Gebi sambil menggoda Siska.

“Halah kamu Geb Geb.. Bilang aja kamu minta eskrim napa pake Alasan sakit..” Siksa bercanda dorong Gebi.

“Haaahh.. Ngawur kamu.. sakit beneran tau..” Gebi sambil mengelus kepalanya.

Gebi dan Siska lanjut berjalan menuju pasar. Ngobrolin tentang cowok, tentang teman di sekolah. Memang anak cewe baru puber dan jaman sekarang apa apa sudah handphone. Lihat cowo seger dikit sudah jadi pembahasan.

“Mbak.. Sawinya berapa mbak satu ikat..” Terdengar suara pembeli sayur dari kejauhan.

“Haloo Buuukkk… Halooo Tanteee” Sapaan Gebi dan Siska.

“Ee ada Siska.. Ibukmu nggak jualan nak..?” Tanya Fika karena tidak melihat Ibunya Siska sama sekali di pasar.

“Enggak Tante.. Ibuk lagi sakit.. pinggangnya itu lo.. katanya linu linu gitu” Jawab Siska.

“Eleh eleh.. di hantam lakinya trus tu pasti..” Jawab Fika dalam hati.

“Oalah nak..kasihannya ibukmu..Gebii.. Beli sarapan dulu nak.. sama Siska.. beliin sekalian..” Fika menyuruh anaknya beli nasi bungkus sambil sibuk jualan menahan lapar juga.

Berangkatlah Gebi dan Siska beli nasi bungkus di tempat tantenya nggak jauh juga.

Gebi dan Siska ini memang teman dari mereka masih bayi sudah selalu bersama. Kemana mana mereka berdua terus, sudah seperti saudara sendiri. Siska juga kalo maen kerumah Fika sudah seperti anak sendiri. Ya pada dasarnya Ibunya Gebi (Veni) dan Ibunya Siska itu seperti itu juga dulu.

Siska anak satu satunya Veni yang seumuran sama Gebi. Mereka tinggal nggak jauh dari rumah Fika. Mereka saling membatu jika ada salah satu keluarga yang susah atau terkena musibah. Mereka Orang lain tapi melebihi keluarga sendiri.

Bapaknya Siska namanya Nobel yang juga sering ngopi ngopi bareng dengan Guntur saat masing masing nggak sibuk. Maen gitar bareng, nonton bola, cari cari Job Freelance. Tapi ntah kenapa ada sudah satu bulan ini Nobel ataupun Guntur nggak pernah saling sapa.

Akhirnya Fika, Gebi dan Siskapun sarapan bersama. Bincang bincang santai sambil nungguin pembeli. Jam sudah menunjukkan pukul 10.30. Pasar sudah sepi Fikapun mulai beres beres tempat jualannya, di bantuin Gebi dan Siska lalu bergegas pulang.

“Siska.. ini nanti bawakan Ibumu ya.. sekalian nanti tante mau mampir kesana bentar..” kata Fika sambil mengunci tokonya.

Sampainya di rumah Siska, Fika langsung memeluk Veni dari belakang yang sedang masak dan menyodok nyodokkan timun ke sela sela pangkal kakinya Veni. Jahilnya Fika sambil memegang gunung kembarnya Veni. Karena si Ibunya Siska ini latah lalu kaluar suara aneh dari mulut Veni.

“Aduh Aduh Aduh.. Ah… Enak… Eh.. Apaan sih kamu Fik..Ngagetin aja.. untung gak ada anak anak” Kata Veni sambil menekuk lututnya sedikit dan merampas timun yang di pegang Fika.

“Cieee yang habis ehem ehem sampe pinggangnya sakit..” Kata Fika sambil mentoel gunung kembarnya Veni.

Sedangkan Siska dan Gebi sudah pergi maen ntah kemana.

“Iya Fik.. Kasihan Siska kalo malem kadang dia melamun sendirian dirumah.. Siapa tau di tambah lagi keturunan” Kata Veni sambil memotong bawang merah.

“Gass Teruss .. Pegel pegel tu badan..” Fika godain Veni.

“Kamu juga ni ya.. Kapan punya momongan sama laki baru ni… hiiihhh gemes aku..” Gemesnya Veni Sambil mensensor tulisan ini (hehehe)

“Aduh duh duh.. Geli tau.. kita mah slow aja Ven.. Main pelannn sambil santai.. sambil jaga kesehatan.. Kasihan Lakiku kerjanya sering jaga malam..” Kata Fika memerah mukanya karena geli.

Bersambung ====
=== Eps. 4

No More Posts Available.

No more pages to load.