MI Muhammadiyah 21 Sharing Untuk Cari Solusi Adanya Masalah Pendidikan Yang Muncul

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – MI Muhammadiyah 21 Kapas pada Selasa 02 Januari 2024 menggelar rapat permulaan semester genap tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dimaksudkan melakukan pembinaan terhadap guru dan tendik sebagai wadah diskusi sharing tentang permasalahan yang muncul untuk mencari solusinya.
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan majelis Dikdasmen PCM Kapas yang memberikan pengarahan.

Dalam kesempatan sambutan, Muhammad Yusron selaku Kepala MI Muhammadiyah 21 Kapas memberikan proyeksi gambaran bahwa lembaga sekolahan itu seperti bagian tubuh yaitu kepala sekolah sebagai otaknya yang memberikan stimulan kepada anggota tubuh lainnya yang diibaratkan guru-guru untuk bisa berjalan sehat maka otak dan anggota lainnya harus sinkron supaya bisa menjalankan suatu kegiatan atau aktivitas. Semua anggota harus mengerti tugas dan fungsi misalnya tangan berguna untuk mengangkat beda halnya dengan kaki yang berfungsi sebagai sarana untuk berjalan semuanya harus mendukung agar bisa dengan cepat dan efektif menyelesaikan suatu pekerjaan, Ucapnya.

Memasuki acara inti rapat Cebeng Alhudayatul Ustadza perwakilan dari majelis Dikdasmen PCM Kapas memberikan pemaparan untuk memanajemen lembaga. Ada beberapa point yang perlu kita perhatikan yaitu pertama, pemasaran sekolah PPDB yaitu bagaimana cara kita menarik hati masyarakat sehingga dengan kerelaan mereka mau menyekolahkan anaknya disekolah kita contohnya bisa dari membuat event perlombaan, open school, dan sebagainya. Kedua, melakukan pemetaan tugas dan fungsi guru yaitu dalam sebuah kegiatan semua guru harus diberikan kesempatan yang sama untuk bisa menjadi ketua penanggungjawab dari salah satu kegiatan agar semua bisa belajar menjadi sosok pemimpin. Ketiga, membacakan jurnal bersyukur disetiap pagi hari sebagai kekuatan doa dalam menjalankan semua aktivitas pembelajaran. Hal ini dilandaskan kepada QS. Ibrahim ayat 7 yang dimana artinya “Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambah nikmat itu”. Jadi sebisa mungkin setiap saat kita harus bersyukur jika ingin Allah ridho sehingga melimpahkan keberkahan nikmat-Nya yang semakin banyak, tutupnya.

Para dewan guru mengikuti kegiatan dengan khusyuk dan konsen untuk bisa menyerap semua materi yang telah diberikan. Bahkan untuk menampung aspirasi dari semua guru demi kemajuan sekolah, kepala sekolah memberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan maupun evaluasi dari semua kegiatan yang berlangsung. “Madrasah ini bukan semata milik kepala sekolah namun ada tanggung jawab bersama untuk memajukan. Jadi kami open terhadap semua masukan sebagai solusi dari sebuah permasalahan,” ujar pri yang juga Sekretaris LDK PDM Bojonegoro ini.

Di akhir acara sebelum menutup rapat Pak Yusron sapaan akrabnya, memberikan motivasi kepada semua guru dan karyawan dengan mengutip surat Muhammad ayat 7 di dalam Al-qur’an, “Wahai orang-orang yang beriman Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu” sebenarnya kita sedang berjihad dijalan pendidikan, meneruskan perjuangan islam membentuk generasi yang mulia, untuk itu jangan ragu atau bimbang semuanya disaat kita berniat baik insyaAllah akan mendapatkan pertolongan-Nya, tutup pria yang juga Sekretaris PCM Kapas itu. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.