Inilah Sederet Beasiswa di Unigoro

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Bojonegoro (Unigoro) tahun akademik 2024/2025 jalur Serapan Bibit Unggul (Serbu) masih berlangsung hingga saat ini. Ada banyak pilihan beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa baru.

Defi Tristio Putri, SE., selaku perwakilan Unigoro Execellent Service (UES) mengatakan, ada tujuh beasiswa yang bisa didapatkan oleh calon mahasiswa baru jika berkuliah di Unigoro. Antara lain beasiswa KIP Kemendikbudristek, Yayasan Suyitno Bojonegoro, Influencer, Prestasi, Kejuaraan Rektor Cup Unigoro, Keberagaman, dan Hafidz. “Nah yang paling banyak peminatnya adalah beasiswa KIP dari Kemendikbudristek,” ungkapnya pada Kamis (28/12/23).
Defi melanjutkan, ada dua jenis beasiswa KIP yang didanai oleh Kemendikbudristek. Beasiswa KIP reguler yang ditujukan untuk mahasiswa semester satu. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan at cost maksimal Rp 4 Juta untuk prodi dengan akreditasi minimal B. Plus uang saku per semester sebanyak Rp 4,8 Juta. “Beasiswa tersebut akan diterima mahasiswa sampai dia lulus,” ujarnya.

Sementara itu, untuk beasiswa KIP Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) ditujukan untuk mahasiswa semester satu, tiga, dan lima. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan at cost sebesar Rp 2,4 Juta. “Beasiswa KIP BBP baru di-launching tahun ini. Jadi mahasiswa yang sudah semester tiga dan lima bisa mendaftarkan diri jika ingin mendapatkan beasiswa,” imbuh Defi.

Persyaratan utama untuk mengajukan beasiswa KIP Kemendikbudristek adalah wajib memiliki akun KIP. Setelah itu, mahasiswa harus mengisi kolom-kolom di formular pendaftaran yang telah tersedia. Defi menambahkan, di tahap terakhir nanti pihak universitas akan memverifikasi kelayakan mahasiswa penerima bantuan. “Jadi daftar di Unigoro dulu, baru bisa mengajukan beasiswa KIP. Uang pendaftaran dan UKT yang telah dibayarkan sebelumnya di awal akan dikembalikan lagi setelah permohonan beasiswa KIP disetujui,” ucapnya.

Selain beasiswa KIP Kemendikbudristek, ada beasiswa influencer yang bisa dimanfaatkan. Humas Unigoro, Sofia Aldania B., S.Tp., mengatakan, beasiswa influencer bisa dimanfaatkan oleh pendaftar dengan tahun kelulusan 2023 dan 2024. Influencer tersebut harus memiliki follower (pengikut, Red) minimal 15.000 di Tiktok dan 10.000 di Instagram. “Kriteria influencer yang bisa dapat beasiswa di Unigoro harus bisa meng-influence atau menyebarkan hal-hal positif di media sosial. Tidak sekedar jadi selebgram saja,” katanya.

Mahasiswa yang menerima beasiswa influencer akan mendapatkan UKT gratis selama delapan semester. Persyaratan utama untuk mengajukan beasiswa influencer adalah calon mahasiswa mendaftar di Unigoro terlebih dahulu, serta menghadap secara langsung ke panitia PMB untuk permohonan beasiswa tersebut.

“Saat menghadap ke panitia harus menyertakan bukti akun media sosialnya. Nanti panitia akan kroscek apakah follower-nya organic (asli, Red) atau fake (palsu, Red). Kita juga cek feed postingan kontennya. Apakah konten yang dibuat mengandung unsur SARA, provokasi, atau tidak,” papar Sofia.

Ada banyak influencer Instagram dan Tiktok yang berkuliah di Unigoro. Mereka tidak hanya sekedar eksis di media sosial, tetapi juga berprestasi dan menebar inspirasi bagi kaum milenial. (din/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.