115 anggota Pramuka Sekosewu laksanakan seleksi pemempuhan pramuka Garuda

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Sekitar 115 anggota Pramuka, mulai siaga, penggalang dan penegak di Kwartir Ranting Sukosewu mengikuti seleksi penempuhan Pramuka Garuda, yang di selenggarakan Kwartir Cabang ( Kwarcab) Gerakan Pramuka Bojonegoro.

Muhammad Munib, (Sekretaris Camat Sukosewu) selaku Mabiran ketika membuka Kegiatan “Semangatlah dalam mengikuti Seleksi ini, Saya yakin adik-adik bisa mengikuti dengan baik karena kalian adalah generasi Muda Untuk Sukosewu, mari bersama-sama Tingkatkan semangat juang demi tercapainya Pramuka yang ideal Dan produktif di Sukosewu ini. Mudah-mudahan kehadirannya adik-adik semuanya bisa menjadikan Pramuka Sukosewu lebih baik Dan menjadi yang terbaik lagi. ‘tuturnya.

Masyhudi, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sukosewu pada Kamis (21/12/23), mengatakan bahwa seleksi penempuhan pramuka Garuda ini diawali dengan pengumpulan berkas peserta di masing-masing Gugus Depan (Gudep). Setelah diseleksi di Gudep, bagi yang dinyatakan lolos seleksi verifikasi di Gudep, berhak mengikuti seleksi tehnik kepramukaan atau verifikasi lanjutan, Seleksi ini telah dilaksanakan di Kwartir Ranting Sukosewu.

Masyhudi menambahkan, setelah beberapa tahapan seleksi selesai, tim seleksi melakukan sidang pleno untuk menentukan peserta yang dinyatakan lulus dan yang tidak lulus. Bagi yang lulus penempuhan pramuka Garuda berhak mengikuti penempuhan dan penyematan tanda garuda, pengukuhan dan penyematan dilakukan oleh kwartir Cabang Bojonegoro yang kemungkinan besar akan dilaksanakan bulan Januari di Pendopo Kabupaten Bojonegoro
Jumlah calon Pramuka Garuda yang dinyatakan lulus dan akan mengikuti pengukuhan dan penyematan tanda Pramuka Garuda adalah 115 peserta yang terdiri dari 54 anggota pramuka siaga, 52 anggota pramuka penggalang dan 9 anggota pramuka penegak. Dalam pemepuhan ini kwartir ranting Sukosewu milibatkan 15 orang tim penilai yang berasal dari Kwartir Cabang Bojonegoro dengan kualifikasi 7 orang pelatih dan 8 orang Pembina. Tutur kak Sri Retna Prasilirium selaku Ketua Panitia.

Pramuka Garuda, tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda.
Di tempat yang sama salah Satu peserta Penempuhan Pramuka Garuda yaitu Naila berasal dari Gudep MI Fathul Ulum Sukosewu menyampaikan “mudah – mudahan setiap Tahun yang mengikuti seleksi Penempuhan Pramuka Garuda semakin banyak karena Pramuka Garuda ini adalah salah Satu prestasi yang tertinggi di golongan Dan banyak sekolah yang mengharapkan calon siswa baru mengutamakan Pramuka Garuda.’tuturnya. (Hd/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.