BPS Kabupaten Bojonegoro Gelar Seminar Statistika di Unigoro

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro menggelar seminar statistika bertajuk Kajian Data Sosial Ekonomi 2023 di Gedung Mayor Sogo Universitas Bojonegoro (Unigoro), pada Kamis (7/12/23). Acara yang diikuti oleh 100 mahasiswa ini merupakan bentuk kolaborasi antara Perpustakaan Unigoro dan BPS Kabupaten Bojonegoro.

Sebelumnya, BPS Kabupaten Bojonegoro menyediakan layanan Pojok Statistik di perpustakaan untuk konsultasi statistik kepada mahasiswa dan dosen.
Wakil Rektor III Unigoro, Ir. H. Noor Djohar, MM., mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin antara Unigoro dengan BPS Kabupaten Bojonegoro.

“Saya harap seminar ini bisa diikuti dengan baik oleh mahasiswa. Karena beberapa mata kuliah juga membutuhkan data-data statistik untuk mempermudah menyusun penelitian,” ucapnya.

Seminar statistika tentang Kajian Data Sosial Ekonomi 2023 disampaikan oleh Zezen Sulistya Riantini selaku petugas Bidang Sosial BPS Kabupaten Bojonegoro. Di hadapan para mahasiswa, Zezen menyampaikan bahwa tugas utama BPS adalah mengumpulkan serta menyediakan data statistik dasar dari hasil sensus dan survei. Salah satu hasil survei yang ditunggu-tunggu oleh pemerintah adalah Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas) setiap bulan Maret dan September. “Karena data Susenas ini digunakan untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan nasional,” paparnya.

Zezen melanjutkan, salah satu hasil Susenas pada Maret 2023 di Kabupaten Bojonegoro adalah rata-rata konsumsi per kapita sebulan yakni Rp 1.060.818. Dia menjelaskan, rata-rata konsumsi per kapita adalah konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga. “Nah kelompok pengeluaran rumah tangga itu dibagi menjadi dua. Yakni pengeluaran makanan dan pengeluaran non makanan,” jelasnya.

Para peserta tampak antusias dan mengikuti diskusi tentang statistika dengan baik. Acara seminar ini diakhiri dengan fun games yang berhadiah tumblr eksklusif dari BPS Kabupaten Bojonegoro. (din/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.