Giliran Budayawan Diterima Pj Bupati Bojonegoro

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Di tengah kesibukannya menjalankan tugas sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto masih meluangkan waktunya untuk lebih mengenal Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya dengan menemui kedatangan budayawan Bojonegoro di rumah dinasnya pada Kamis (5/10) malam. “Demi Bojonegoro, semua jadwal di luar kota harus mengalah,” katanya menyambut kedatangan para budayawan tersebut.

Dalam pertemuan itu, Adriyanto lebih banyak bertanya mengenai budaya-budaya khas dan perkembangan kesenian di Kabupaten Bojonegoro. “Selama ini bagaimana kita memperkenalkan kebudayaan ini keluar ?” tanya pria yang juga masih menjabat sebagai Direktur Dana Transfer Umum di Kementerian Keuangan tersebut.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wahyu Subakdiono selaku Ketua Kelompok Kerja Kebudayaan memberikan gambaran singkat mengenai rekam jejak para seniman dan budayawan dari Bojonegoro yang selama ini masih harus nekad berbekal seadanya bila mengikuti gelaran-gelaran di luar kota sebagai peserta. “Dengan berbagai keterbatasan, selama ini kami mensyiarkan budaya dan potensi yang ada melalui kegiatan-kegiatan yang ada di luar kota. Misalnya pameran lukisan, undangan pentas kesenian, hingga lomba-lomba foto yang bertemakan budaya,” jelasnya.

Sementara itu, Adriyanto juga sempat mempertanyakan keberadaan Dewan Kesenian Bojonegoro yang kemudian mendapat penjelasan dari Ramon Pareno selaku Ketua (ct) Dewan Kesenian Bojonegoro. Di hadapan Pj Bupati Bojonegoro, disebutkan bahwa keberadaan caretaker Dewan Kesenian Bojonegoro adalah tindak lanjut dari atensi Bupati Bojonegoro (Anna Muawanah). “Kami bertugas menyiapkan pembentukan Dewan Kesenian Bojonegoro, jadi saat ini tinggal menunggu legal formal bersama hak dan kewajibannya,” terangnya.

Pertemuan yang berlangsung sekira satu jam tersebut lebih diwarnai dengan suasana santai dengan saling berbagi mengenai kebudayaan dan kesenian khas dari Bojonegoro yang seyogyanya juga mendapat tempat dalam program-program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. “Insha Allah saya akan hadir di Jagong Budaya 14 Oktober nanti, saya ucapkan terima kasih atas pertemuan malam ini,” tutup Adriyanto.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Budiyanto selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista, Sasmito Anggoro yang juga Ketua Panitia Jagong Budaya dan Agus Budiono selaku Sekretaris Panitia Jagong Budaya. Rencananya Jagong Budaya juga akan menghdirkan Arief Januarso selaku Ketua Yayasan Letkol Suyitno yang mewakili akademsi, Kundhori selaku Direktur PT Asri Dharma Sejahtera yang merepresentasikan kalangan pengusaha dan Didik Mukrianto selaku Ketua Karang Taruna Nasional. (Red/Ram)

No More Posts Available.

No more pages to load.