Mahasiswa KKN-T Unigoro Kelompok 16 Berkolaborasi Ajarkan Anak-Anak Sikat Gigi Dan Cuci Tangan Yang Benar

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Mahasiswa KKN-T Unigoro (Universitas Bojonegoro) kelompok 16 bekerjasama dengan ISTek ICsada memberikan edukasi hidup sehat mengenai sikat gigi dan cuci tangan kepada siswa SD Tambakmerak II pada hari Senin, 7 Aguatus 2023 dan Tambakmerak III dilakukan pada hari Selasa, 8 Aguatus 2023.

Dalam kegiatan ini setiap SD kurang lebih ada 50 anak dari kelas 1 sampai 5 ikut serta dalam kegiatan ini. Didampingi langsung oleh pihak ISTek ICsada diantaranya Niken Yuli Astuti, S.ST., M.Kes. selaku penyuluhan dalam sikat gigi, Fitria Rizky Kurniawati, S.ST.,M.Kes. selaku penyuluhan cuci tangan total ada 3 dosen dan 2 mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan cara gosok gigi dan cuci tangan yang benar di ruang kelas. Antusiasme dari siswa cukup tinggi, terlihat dari raut wajah mereka yang berseri-seri selama kegiatan. Kemudian para siswa diminta menuju halaman sekolah untuk melakukan praktik secara serentak.

“Penyuluhan ini perlu diadakan karena kurangnya pemahaman tentang cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar. Adanya penyuluhan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini untuk selalu membiasakan sikat gigi dan cuci tangan yang baik dan benar,” Ujar Niken Yuli Astuti.

Kegiatan sosialisasi gosok gigi dan cuci tangan dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan kebersihan tangan, karena masih banyak anak yang menggosok gigi sebisanya saja atau asal menggosok bahkan saat makan atau minum tidak mencuci tangan terlebih dahulu.

Sedangkan anak-anak menyukai sesuatu yang manis, seperti permen, cokelat, minuman yang manis dan lain-lain. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab gigi anak mudah berlubang dan rusak.

Abi, salah satu siswa dari SD Tambakmerak II mengatakan bahwa kegiatan gosok gigi dan cuci tangan ini asyik dan menyenangkan, karena menggunakan media sehingga dapat memahami tentang tata cara menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi anak-anak SD Tambakmerak Iidan Tambakmerak III, mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan mengosok gigi dan menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan. Sehingga anak-anak bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup. (Izzah/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.