Pembangunan BUMDes Mart Gayam Dimulai, Diharapkan Jadi Etalase Produk Masyarakat

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka meningkatkan prasana yang menunjang kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, diselenggarakan musyawarah pelaksanaan pembangunan BUMDes Mart Desa Gayam, Jumat (07/08/2023) yang dilanjutkan dengan prosesi simbolis peletakan batu pertama pembangunan BUMDes Mart Desa Gayam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Gayam Palupi Hadi Ratih Dewanti, SE.MM., Kapolsek Gayam AKP Bambang Ady Tenggani, S.H., Danposramil Gayam Peltu Totok Lasminto, Kepala Desa Gayam Winto, PGA ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) Ali Mahmud, Sekretaris Ademos A Shodiqurrosyad, jajaran Perangkat Desa Gayam, BPD, Tim Pelaksana Pembangunan BUMDes Mart dan perwakilan tokoh masyarakat.

Sekretaris Ademos, A. Shodiqurrosyad mengatakan BUMDes Mart Gayam dibangun untuk menunjang upaya Pemerintah Desa dalam mengembangkan ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya BUMDes Mart, Desa Gayam akan memiliki sarana untuk memasarkan produk buatan masyarakat, bahkan lebih dari itu BUMDes Mart akan menjadi mesin penggerak pertumbuhan (engine of growth) ekonomi masyarakat Desa Gayam dan sekitarnya,” terangnya.

Camat Gayam, Palupi Hadi Ratih Dewanti, SE.MM., berharap BUMDes Mart Desa Gayam ke depan dapat menjadi ruang promosi bagi produk UMKM Desa Gayam dan sekitarnya.

“Terima kasih atas terselenggaranya musdes pembangunan BUMDes Mart, harapannya pembangunan BUMDes Mart ini memasarkan produk masyarakat Desa Gayam, kalau bisa desa-desa yang lain malah lebih baik,” terang Palupi yang bertugas sebagai Camat Gayam sejak sebulan lalu tersebut.

Palupi menambahkan BUMDes Mart juga harus mampu bersinergi dengan pasar rakyat. “Jangan sampai adanya BUMDes Mart malah mematikan pasar rakyat yang sudah ada. Sinergi yang ada mampu saling memberikan kebermanfaatan pada masyarakat,” harapnya.

Public Government Affair (PGA) EMCL, Ali Mahmud mengungkapkan bahwa besar harapan bersama agar program pembangunan BUMDes Mart ini mampu menjadi media peningkatan ekonomi masyarakat dan berkontribusi terhadap meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADesa) Gayam.

“Pembangunan BUMDes Mart ini merupakan salah satu bentuk program pengembangan masyarakat yang lakukan EMCL di Desa Gayam. Harapan kami BUMDes Mart akan menjadi wadah produk UMKM Desa Gayam yang dan karena akan menjadi unit usaha baru BUMDesa maka 2-3 tahun lagi kami ingin mendengar cerita bahwa BUMDesa Gayam mampu berkontribusi terhadap peningkatan PADesa dari profit,” jelasnya dalam penyampaian Musdes di Balai Desa Gayam.

Sementara itu Kepala Desa Gayam, Winto menuturkan PPM EMCL ini sangat membantu Pemerintah Desa Gayam dalam mengembangkan potensi desa dan bahkan menyelesaikan persoalan yang ada di Desa Gayam.

“Memang benar APBDesa Gayam cukup besar namun berbanding lurus dengan yang harus dikerjakan di Desa Gayam, artinya kebutuhan di lapangan lebih besar dari pada anggaran yang tersedia, maka dengan adanya program ini Pemerintah Desa Gayam sangat membantu desa untuk mengembangkan potensi ekonomi dan BUMDesa serta menjadi solusi atas aset desa yang strategis namun hingga sekarang tidak produktif,” jelasnya.

“Maka dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, atas ijin Allah SWT. pembangunan BUMDes Mart saya nyatakan dimulai,” ucap Winto saat melakukan prosesi simbolis peletakan batu pertama pembangunan BUMDes Mart Gayam. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.