Al Birru Pertiwi, Masjid Kubah Emas Dengan Kiswah Ka’bah Di Kabupaten Bojonegoro

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Masjid Al Birru Pertiwi merupakan masjid yang di Kabupaten Bojonegoro adalah satu satunya masjid berkubah emas yang dibangun oleh satu keluarga besar Santoso ini, Jum’at 23/06/2023.
Dibangun oleh satu keluarga besar Santoso ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT serta persembahan, bhakti dan cinta kasih kepada orang tua, selain itu sisi unik masjid tersebut yakni memiliki kiswah asli Ka’bah yang berasal dari Mekkah Arab Saudi.

Masjid Al Birru terletak di Dusun Nemon Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.
Tidak hanya sebagai pusat peribadatan, masjid ini juga jadi pusat kegiatan sosial dan pendidikan.

Masjid Al Birru memiliki desaign yang cukup unik, yaitu berbentuk kotak dengan warna merah kecoklatan dan memiliki konsep minimalis modern, jika dilihat secara sekilas nampak seperti kubus berukuran raksasa, tetapi mampu berdiri secara kokoh.

Masjid Al Birru di bangun satu keluarga besar Santoso, putra putri dari Bapak Santoso Hardjo Suwito dan Ibu Pertiwi yaitu keluarga Sugeng Santoso, Suprapto Santoso, Supramu Santosi, Widodo Santoso, Winarto Santoso dan Wijiningsih Santoso.

Masjid yang memiliki luas kurang lebih 1 hektare ini dapat menampung jama’ah didalam masjid hingga 1000 orang dan jika sampai diluar masjid bisa menampung hingga 1300 jam’ah.

Menurut Agus Sholahudin atau yang lebih akrab dipanggil dengan Gus Sholah Direktur Pelaksana Al Birru Pertiwi yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji ketika di wawancara awak media saat itu
menjelaskan jika masjid ini dibangun pada tanggal 24 Maret 2012 dan diresmikan pada tanggal 25 Januari 2014 dengan nama Al Birru Pertiwi diambil dari kata Al Birru yang artinya berbakti atau biasa mengenal dengan birrul wa lidain yang artinya berbakti kepada orang tua dan nama Pertiwi diambil dari nama istri Santoso Hardjo Suwito atau ibu dari anak-anak keluarga Santoso.

“Maka masjid ini disebut dengan Al Birru yang dimaksudkan agar nantinya akan senantiasa bagi Ibu Pertiwi,” tegasnya.

Menurut Gus Sholah masjid ini terdiri dari 3 lantai, yakin lantai 1 terdapat aula dan tempat untuk mengambil air wudhlu, lantai 2 dan lantai 3 sebagai tempat untuk beribadah, selain itu di masjid Al Birru terdapat kiswah yang dipergunakan untuk menutupi Ka’bah Aslu dari Mekkah, kain sepanjang 3,5 meter dengan berat 10 kilogram bertuliskan kaligrafi ayat suci Al Qur’an Surat Al Hajj ayat 26 menggunakan khat tsulus berbahan dari emas, selain itu Kubah Al Birru Pertiwi yang, berwarna emas terdapat tempelan
emas murni dari Italia.

Selain sebagai tempat ibadah masjid ini diharapkan menjadi salah satu Islamic Center di Kabupaten Bojonegoro yang menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, diskusi beserta pengajian dalam upaya syiar Islam serta pengembanganbdsn pemberdayaan masyarakat. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.