Keistimewaaan Malam Lailatul Qadar

oleh -
oleh

Oleh: Ust. Sholikin Jamik

SuaraBojonegoro.com – Hanya terjadi sekali dalam setahun, tepatnya di bulan ramadhan, tentu membuat malam Lailatul Qadar menjadi momen yang sangat istimewa bagi seorang muslim. Apa saja kira-kira yang membuat malam ini begitu istimewa?
(Sambungan dari tulisan bagian pertama kemarin)

5. Malam Pengampunan Dosa
Allah berjanji akan mengampuni dosa umat muslim yang menghidupkan malam Lailatul Qadar, terutama di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan.

Hal ini diperkuat dengan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim. Dan hal ini menjadi salah satu keistimewaan malam Lailatul Qadar.

Hadist tersebut menyebutkan bahwa barangsiapa melaksanakan sholat ketika malam Lailatul Qadar dengan iman dan hanya mengharap pahala dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa orang tersebut yang telah lalu.

Maksud dengan iman adalah meyakini janji Allah untuk mengampuni dosa tersebab dari sholat yang dikerjakan.

Sedangkan mengharap pahala dari Allah, maksudnya hanya melakukan ibadah tersebut karena Allah bukan mengharapkan hal yang lain. Misalnya, agar mendapatkan pujian manusia karena hal tersebut bisa mendatangkan sifat riya’.

Malam dimana dosa-dosa diampuni Allah menjadi saat yang tepat bagi seorang muslim untuk bertaubat, mengingat kembali dosa-dosa yang pernah dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar di malam ini.

6. Malam Keselamatan
Malam Lailatul Qadar disifati dengan ‘salaam’ yang artinya adalah malam keselamatan. Hal ini tercantum di dalam surat Al Qadr ayat kelima yang menyebutkan bahwa malam itu dipenuhi dengan kesejahteraan hingga matahari terbit di pagi harinya.

Hal lain yang membuat malam ini disebut dengan malam keselamatan adalah bahwa pada malam Alilatul Qadar, setan tidak bisa berbuat apa-apa dan mengganggu manusia.

Maka, Lailatul Qadar ini menjadi momen yang tepat untuk beribadah dengan khusyu dan bersungguh-sungguh.

Jika di waktu-waktu yang lain setan senatiasa menggoda manusia sehingga banyak yang terjerumus ke dalam dosa.

Maka, Allah membelenggu setan untuk mengurangi godaan tersebut. dengan begitu, umat muslim bisa beribadah dengan lebih fokus dan tenang.

Pada malam tersebut juga banyak umat muslim yang selamat dari berbagai ukuman atau siksa disebabkan dengan ketaatan atau amal ibadah yang mereka lakukan kepada Allah SWT.

7. Malam Pencatatan Takdir dalam Setahun
Malam Lailatul Qadar juga disebutkan sebagai malam dilakukannya pencatatan takdir manusia dalam setahun.

Hal ini tercantum di dalam surat Ad Dukhan ayat keempat yang menyebutkan bahwa di malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.

Segala urusan di dalam ayat tersebut merujuk pada semua hal yang terkait dengan kehidupan makhluk Allah di bumi termasuk rezeki, ajal, takdir baik, takdir buruk, dan hal-hal lain yang secara lebih detail. Penulisan takdir manusia sebelumnya telah didahuli oleh Allah di Lauhul Mahfudz.

Di malam Lailatul Qadar, takdir tersebut dijabarkan lagi secara terperinci. Maka, tidak heran jika malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam dimana Allah menetapkan perjalanan hidup manusia selama satu tahun ke depan.

Takdir yang dicatat di malam ini nantinya akan diperlihatkan kepada malaikat sehingga para malaikat mengetahui tugas-tugas yang diberikan Allah kepada mereka di dalam setiap kehidupan makhluk di bumi.

Mengetahui keistimewaan malam Lailatul Qadar sangat penting bagi umat muslim agar mereka terpacu untuk mengisi malam Lailatul Qadat dengan memaksimalkan Ibadan dan amalan-amalan lainnya. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.