IGORNAS Jatim Siapkan Atlet Olimpiade Dengan Menggelar Kejuaraan Balap Sepeda di Bojonegoro

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Ikatan Guru Olah Raga Nasional (IGORNAS) Provinsi Jatim bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mengadakan kejuaraan balap sepeda di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan usia dini dan pencarian atlet muda berbakat untuk ajang Olimpiade 2030-2040.

Kejuaraan balap sepeda berlangsung di sirkuit Bumi Kali Kethek Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (4/12/2022). Diikuti puluhan atlet muda dari beberapa daerah di Jawa Timur.

“Kejuaraan ini dalam rangka menyiapkan atlet muda untuk Olimpiade 2030-2040, sehingga pesertanya 16 tahun kebawah,” kata Ketua IGORNAS Jawa Timur, Anam Syaifuddin yang baru saja dilantik menjadi Kepala Sekolah SMA Negeri Singgahan Tuban hari Jumat kemarin.

Melalui kejuaraan cabang olahraga DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) balap sepeda tingkat Provinsi Jawa Timur ini, IGORNAS berharap lahir atlet-atlet nasional balap sepeda untuk mengikuti olimpiade nantinya.

“Semoga tahun mendatang ada atlet dari Jawa Timur yang mewakili Indonesia di kancah internasional,” harap Anam.

Kejuaran balap sepeda diikuti sekitar 62 atlet. Terdiri dari kelas BMX 27 peserta dan XCO 35 peserta. Mereka datang dari kabupaten/kota di Jawa Timur seperti Malang, Surabaya, Jombang, Kediri, Magetan, Ngawi, Batu dan atlet ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) dari daerah lainnya.

Selain balap sepeda yang sekarang berlangsung di Kabupaten Bojonegoro, DBON ada tiga Cabor yang dipertandingkan di Jawa Timur yakni atletik di lapangan THOR Surabaya dan renang di Unesa.

“Peserta yang menang akan mendapatkan medali dan sertifikat,” terangnya di sela-sela menyaksikan balap sepeda.

Peserta antusiasme mengikuti kejuaraan balap sepeda. Atlet muda, para official dan pengurus ISSI dari beberapa daerah di Jawa Timur juga hadir langsung menyaksikan kejuaraan.

Ketua Pengcab ISSI Kabupaten Bojonegoro, Lutfi Firmansyah mengapresiasi kejuaraan balap sepeda yang diadakan di wilayahnya. Pihaknya mengucapkan terima kasih karena Kabupaten Bojonegoro dipercaya menjadi tuan rumah.

“Event seperti ini perlu dilaksanakan untuk mencari atlet muda dan pembinaan usia dini,” tuturnya.

Lutfi mengungkapkan, Pengcab ISSI Kabupaten Bojonegoro sebelumnya juga sudah mengadakan balap sepeda dan sekarang kejuaraan tingkat Jawa Timur. Menurutnya, pemerintah perlu menyiapkan infrastruktur dan sarana prasana untuk menunjang pencarian atlet balap sepeda.

“Harapan kedepan lomba-lomba di event lokal dan Jatim, Bojonegoro punya trak atau fasilitas balap sepeda yang memadai. Sementara ini kita belum punya dan harus pinjam tempat,” pungkasnya.

Berikut ini deretan para pemenangnya

Kategori MTB XC Putra
Juara 1 : Axel Naufa Haidar dari ISSI Tuban
Juara 2 : Syaouqi RS dari SMP 2 Jombang.
Juara 3 : Azriel Leo dari SMP 8 Kota Kediri.

Kategori MTB XC Putri
Juara 1 : Nihayatuzzain A. dari peloton dan co cycling.
Juara 2 : Kiara Anggi dari SMP 4 Kota Kediri.
Juara 3 Bersama : Devina Ade Candra dari SDN Kauman 1 Bojonegoro/ISSI Bojonegoro dan Balqis Humairah dari SMP 21 Kota Malang.

Kategori BMX Racing Putra
Juara 1 : Muh Hasan dari SMP 2 Srengat Blitar
Juara 2 : Vino Leo dari ISSI Kota Batu
Juara 3 : Ahmad Nuri dari SMP Negeri 21 Malang

Kategori BMX Racing Putri
Juara 1 : Balqis Humairah dari SMP 21 Kota Malang.
Juara 2 : Arasy Ikhsaniah dari De Veli Racing Tim Kediri
Juara 3 : Devina Ade Candra dari SDN Kauman 1/ISSI Bojonegoro.

(Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.