Sebagai Ujung Tombak Polri, Kapolres Bojonegoro Harap Bhaninkamtibmas Harus Bisa Kendalikan Masyarakat 

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Polres Bojonegoro melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) menggelar pelatihan dan peningkatan kemampuan Public Speaking kepada para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran bertempat di Gedung Aula Mliwis Putih Sat Lantas Jalan Imam Bonjol, Rabu(12/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si, Kasat Binmas, AKP Agus Elfauzi, perwira staf Sat Binmas dan para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran. Sebagai narasumber pelatihan dan peningkatan public speaking yaitu penyiar radio Malowopati FM, Lia Yunita.

Dalam arahannya, Kapolres Bojonegoro sekaligus membuka mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas harus memiliki kebanggaan karena merupakan ujung tombak Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena turun langsung dan bertemu dengan masyarakat ditingkat desa atau kelurahan. Selain fungsi pembinaan, Bhabinkamtibmas harus menguasai fungsi intelijen yang mengemban tugas deteksi dan penggalangan serta fungsi tugas Kepolisian yang cukup kompleks.

“Pelatihan Ini sebagai bentuk penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik. Serta sebagai bekal bagi seluruh Bhabinkamtibmas agar memiliki kemampuan berbicara di depan masyarakat yang profesional dan berdampak positif bagi citra Polri,” kata Kapolres Bojonegoro.

Masih dalam arahannya bahwa pada tanggal 26 Oktober 2022 nanti, akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gelombang I tahun 2022. Dimana di desanya menggelar Pilkades para Bhabinkamtibmas tetap menjaga netralitas serta laksanakan koordinasi, penggalangan, pemetaan kerawanan dan deteksi kerawanan yang akan muncul.

“Jalin kerjasama dan koordinasi dengan rekan TNI, Pemerintah setempat untuk menyosialisasikan dan mengimbau kepada para calon Kades serta tim suksesnya untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas dan untuk mengendalikan pendukungnya,” tandas Kapolres.

AKBP Muhammad mengajak para Bhabinkamtibmas untuk mengikuti dan mempelajari pelatihan peningkatan public speaking bagaimana mengemas teknik komunikasi agar dapat disampaikan secara efektif, yang bermuara pada pembentukan citra positif Polri dalam membangun kepercayaan masyarakat.

“Saya harap peserta pelatihan dapat memanfaatkan pelatihan ini dan dapat menjadi manfaat serta betul-betul menjadi momentum peningkatan kapasitas diri sebagai leading sektor wajah Polri di wilayah desanya masing-masing,” harap AKBP Muhammad.

Fungsi Binmas dan Bhabinkamtibmas pada organisasi Polri tidak ubahnya merupakan instrumen strategis yang diperlukan untuk membangun komunikasi yang sejajar dengan masyarakat, sekaligus konstruktif, terkait dengan terbangunnya Image Positif bagi Eksistensi Polri, sehingga memungkinkan terwujudnya kesepahaman pengertian serta dapat menumbuhkan kepercayaan melalui terbangunnya reputasi Polri yang baik dimata masyarakat. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.