Menengok SD Negeri Grebegan Bangkit Pasca Covid 19

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – SD Negeri Grebegan Kecamatan Kalitidu mencoba untuk bangkit setelah hampir dua tahun virus corona melanda. Proses pembelajaran yang sempat terkendala dan harus dilakukan secara daring menjadikan semangat belajar dan kreatifitas anak didik menurun. Hal ini karena guru tidak bisa mendampingi proses belajar mereka secara langsung. Sehingga saat ini tantangan sekolah adalah meningkatkan kembali semangat belajar dan kreatifitas anak didik baik bidang akademik maupun non akademik. Kepala sekolah beserta guru harus mampu merancang program pembelajaran yang bisa menjawab tantangan tersebut.

Saat ditemui awak media di sela-sela mengisi kegiatan ekstrakurikuler tari, Rita Yuana, S.Pd. SD selaku Kepala SD Negeri Grebegan memberikan keterangan, bahwa pihak sekolah harus berkolaborasi dengan orang tua dan komite sekolah serta seluruh stake holder untuk meningkatkan semangat belajar anak didik pasca pandemi. Selain itu kegiatan-kegiatan pendukung seperti pembiasaan dan ekstrakurikuler hendaknya juga ditingkatkan supaya anak didik termotivasi kembali untuk belajar di sekolah.

Di SD Negeri Grebegan ini juga telah menerapkan program kegiatan pembiasaan dalam rangka pembentukan karakter diantaranya senam pagi setiap selasa dan kamis sebelum mulai pembelajaran, hafalan Asmaul Husna setiap hari rabu dan Pembacaan tahlil serta doa-doa setiap hari Jum’at.

Kemudian ekstrakurikulernya adalah bahasa inggris setiap selasa setelah jam pembelajaran, BTQ setiap rabu, tari setiap kamis dan pramuka setiap hari sabtu. Kami yakin dengan apa yang kita lakukan ini dapat menjadi budaya positif yang akan meningkatkan semangat belajar di sekolah kami.
Dengan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan walimurid yang terjalin semenjak tahun ajaran baru 2022/2023 ini ternyata membuahkan hasil. Meskipun terletak di pinggiran, tetapi SD Negeri Grebegan juga mampu meraih prestasi sebagai juara 2 lomba Cerdas Cermat Literasi dan Numerasi di tingkat kecamatan Kalitidu pada bulan Juli 2022 dan juara 3 Lomba Gerak Jalan dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 baik regu putra maupun regu putri di tingkat kecamatan Kalitidu juga. Hal ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi lembaga kami. Walimurid lebih bersemangat dalam mendukung program-program sekolah.

“Harapan saya semoga dengan kerjasama dan kekompakan bapak/ibu guru, komite, paguyuban serta walimurid ini akan selalu terjalin dalam rangka mengantarkan anak didik lebih sukses ke depannya. Karena tanpa kerjasama yang pro aktif dari semua pihak maka mustahil kita bisa meraih apa yang menjadi tujuan kita bersama”. Tambah Rita Yuana di akhir keterangan (sew/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.